Kompas.com - 08/06/2016, 16:23 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Arlington, KompasOtomotif – Honda Civic 2-pintu (Coupe), mendapat rating terbaik dari hasil uji tabrak, yang dilakukan oleh lembaga penjamin keselamatan jalan raya Amerika, The Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).

Seperti yang dirilis IIHS.org, Rabu (8/6/2016), nilai terbaik ini didapat Civic, salah satunya karena fitur keamanan front crash prevention system. Melaui fitur ini mobil bisa memberikan pencegahan terhadap kecelakan, di 12 mph (19,3 kpj) dan 25 mph (40,2 kpj).

Selain tes tabrak kecil dari depan, Honda Civic Coupe ini juga diuji dengan lima pengetesan lain, dan semuanya mendapatkan penilaian “baik”. Ini sama seperti versi sebelumnya dengan nilai yang sempurna.

IIHS Proses pengetesan yang dilakukan pada Honda Civic Coupe.

Agar bisa memenuhi syarat untuk mendapat penghargaan dari IIHS, kendaraan roda empat yang dites, harus memiliki peringkat yang baik di lima tahap pengujian. Lebih dari itu, jika mobil masih ditambah sistem pencegahan kecelakaan pada bagian depan, akan semakin membuat mobil tersebut menjadi superior, seperti pada Civic ini salah satunya.

Dari hasil uji tersebut, pengemudi dummy (menyerupai manusia) masih memiliki ruang di antara kemudi, frame pintu dan panel instrumen, yang mengindikasikan kalau pengendara bisa dikatakan selamat dari kejadian. Selain itu, karena ruang kabin masih tetap terjaga, sehingga cedera pada kaki tidak akan terlalu parah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.