Kompas.com - 04/06/2016, 12:01 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Tanggul Pantai Mutiara di Kawasan Penjaringan, Jakarta Utara jebol, Jumat (3/6/2016). Ini mengakibatkan terendamnya sejumlah ruas jalan dan permukiman warga. Wilayah yang terendam merupakan kawasan perumahan elit.

Musibah yang terjadi tiba-tba ini, juga membuat banyak kendaraan roda empat yang “apes” ikut terendam air. Jika sudah sepeti itu, asuransi yang jadi jalan keluar. Namun apakah kerusakan seperti ini bisa diklaim ke asuransi?

Laurentius Iwan Pranoto, Manajer Komunikasi dan Pemasaran Garda Oto mengatakan, bagi yang terkena musibah tanggul jebol ini, langsung saja mengajukan klaim. Nantinya kendaraan akan dicek, untuk mengetahui kerusakannya.

“Klaim sperti pada umumnya saja. Kejadian ini seperti kasus mobil terendam karena banjir atau kasus Situ Gintung. Langsung lapor ke pihak asuransi, nanti mobil akan disurvei untuk dicek seberapa parah dan perkiraan perbaikannya,” ujar Iwan kepada KompasOtomotif, Sabtu (4/6/2016).

Namun, lanjut Iwan, apakah mobil tersebut bisa diklaim atau tidak? Terkait hal ini, pemilik mobil sebaiknya harus terlebih dahulu memastikan, apakah polis asuransi ada jaminan terhadap risiko bencana alam.

“Pada dasarnya asuransi mobil ada dua jenis perlindungan, Comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Namun untuk kasus seperti, bencana alam (banjir, tanggul jebol, topan, badai, gunung meletus), serangan teroris, huruhara, tanggung jawab pihak ketiga dan kecelakaan diri, merupakan perluasan jaminan, jadi belum ter-cover oleh dua jenis perlindungan tersebut,” ujar Iwan.

Maka dari itu, kata Iwan, agar perlindungan terhadap mobil lebih optimal, pemilik kendaraan bisa menambahkan perluasan jaminan dalam polis asuransi. Jadi ketika ada kasus seperti ini bisa ter-cover.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.