Kompas.com - 30/05/2016, 09:43 WIB
IML Super Tyre Sealent (cairan penambal ban) untuk mobil (kiri) dan buat sepeda motor. Febri Ardani/KompasOtomotifIML Super Tyre Sealent (cairan penambal ban) untuk mobil (kiri) dan buat sepeda motor.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu apes di jalan yaitu ban bocor karena tertusuk paku. Sebenarnya di Indonesia memang agak aneh, mengapa bahan bangunan ada di tengah jalan. Namun, daripada menyesal, lebih baik diantisipasi, salah satu caranya menggunakan cairan penambal ban.

Di Otobursa Tumplek Blek 2016, PT Tetsan Maju Bersama (TMB) resmi meluncurkan IML Super Tyre Sealent khusus buat ban mobil. Sebelumnya TMB sudah menjual cairan penambal ban, tetapi khusus sepeda motor.

Cairan penambal buat ban mobil beda spesifikasi dibanding untuk motor, kata Philip Buulolo, Sales and Marketing Director TMB, Minggu (29/5/2016). Cairan penambal ban ini telah dikembangkan agar bisa mengatasi kondisi pengoperasian mobil.

Formulanya dirancang lebih rekat menempel ke dinding dalam ban. Gunanya, agar tidak memengaruhi kendali setir saat digunakan.

Cara kerja

Cairan penambal dimasukkan ke dalam ban lewat lubang udara. Dalam demonstrasi di stan TMB, cairan itu langsung menutup rapat lubang yang ditinggalkan paku. Prosesnya sangat cepat agar tekanan udara di dalam ban tidak banyak yang hilang.

Tentu kegunaannya sangat membantu bila kejadian di jalan. Barang ini bisa bermanfaat menjaga keamanan saat touring jarak jauh seperti mudik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami sudah riset selama dua tahun di Indonesia. Teknologinya menggunakan milik Jepang dan Korea,” kata Philip, Minggu (29/5/2016). IML Super Tyre Sealent juga dikatakan aman buat mobil yang sudah memiliki sensor tekanan udara di ban.

IML Super Tyre Sealent tersedia satu varian, yaitu 500 ml yang dijual Rp 85.000. Satu botol untuk satu ban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.