Selama Ekspedisi, Nissan Navara Tak Kesulitan Isi Pertamina Dex

Kompas.com - 24/05/2016, 18:07 WIB
Meski melalui ribuan kilometer, pasokan Pertamina Dex tetap terjaga untuk Navara. Sasri/Kompas.comMeski melalui ribuan kilometer, pasokan Pertamina Dex tetap terjaga untuk Navara.
|
EditorAgung Kurniawan

Bandung, KompasOtomotif - Dua punggawa Ekspedisi Jelajah Tanpa Batas 50 Gunung 40 Hari, Nissan Navara dan X-Trail terus mengantarkan Willem bersama tim.Nah, sesekali duet mobil jingga itu masuk ke Stasiun Pengisan Bahan Bakar Umum (SPBU) tentunya untuk mengisi bahan bakar.

Puluhan liter bahan bakar langsung dituangkan ke kedua tangki mobil. Ya, Pertamina Dex jadi andalan bahan bakar Navara untuk mengisi ruang pembakaran mobil bermesin diesel itu. Tentang mobil bermesin diesel yang saat ini banyak beredar di pasar, mayoritas sudah banyak menyandang teknologi baru, common-rail, seperti yang dimiliki Navara.

Mesin dengan spesifikasi ini jelas tidak dinjurkan mengonsumsi solar (biasa). Bahan bakar yang bisa digunakan oleh mesin diesel common rail seperti Navara harus memiliki kandungan sulfur di bawah 300 ppm.Kebutuhan itu bisa diakomodasi oleh Pertamina Dex yang memiliki cetane number  minim 53 dan kandungan sulfurnya di bawah 300 part per million (PPM).

Tak sulit untuk menemukan Pertamina Dex dalam perjalanan. Apalagi saat ini, tim dimudahkan dengan adanya teknologi aplikasi canggih Pertamina Go untuk mencari pom bensin yang menyediakan produk Pertamina Dex.

Sasri/Kompas.com Distribusi Pertamina Dex cukup merata di Pulau Jawa dan Bali, meskipun menggunakan wadah khusus.

"Kalau mencari jalan mau isi Pertamina Dex sekarang gampang. Kan ada aplikasi jadi langsung dikasi rutenya," kata pengemudi tim Ekspedisi Jelajah Tanpa Batas 50 Gunung 40 Hari, Rusdi kepada KompasOtomotif.

Selama perjalanan dari kaki Gunung Semeru di Desa Ranu Pani, Lumajang, ke kaki Gunung Rakutak di Desa Sukarame, Kabupaten Bandung, tim tercatat beberapa kali mampir ke Pom Bensin Pertamina. Baik itu mengisi di tangki mobil langsung atau menggunakan dirigen resmi milik Pertamina.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya di SPBU 34.441.03 Jalan Raya Desa Warung Tanjung, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat, Minggu (22/5/2016) malam. Berbekal alat navigasi yakni aplikasi Pertamina Go, puluhan liter Pertamina Dex dan Pertamax berhasil didapatkan.

Selain itu, Pertamina Dex juga tim dapatkan saat melewati Kabupaten Kuningan, Banyuwangi, Salatiga, dan juga Kota Batu. Selama perjalanan hingga ke pelosok daerah, Navara tak perlu takut kehilangan asupan bahan bakar untuk bisa melesatkan laju Navara membelah kontur berkelok-kelok khas perbukitan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.