Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Sahabat Petualang Ekspedisi Alam Liar

Kompas.com - 16/05/2016, 18:08 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Gilimanuk, KompasOtomotif – Rombongan ekspedisi alam liar, pendakian 50 Gunung dalam 40 Hari masih berlanjut bersama Willem Sigar Tasiam (58). Dalam perjalanan ribuan kilometer, dari Pulau Timor, menelusuri Jawa, Bali, dan Sumatera, rombongan dikawal dengan dua kendaraan tangguh, Nissan Navara dan X-Trail.

Berkendara ke berbagai pelosok Indonesia wajib dilakukan tim selama mendaki 50 gunung. Memang sangat mengasyikan, karena suguhan pemandangan spektakuler ciptaan Tuhan yang Maha Esa. Tetapi, belum meratanya sarana infrastruktur di beberapa daerah terpencil membuat tim harus berhitung, terutama menyangkut stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Menentukan rute, lokasi pemberhentian, penginapan, bengkel, dan SPBU mutlak harus dilakukan demi keberlangsungan ekspedisi. Menariknya, kini sudah ada aplikasi apik yang ideal menjadi sahabat para petualang sejati di Indonesia, yakni Pertamina Go!.

"Aplikasi Pertamina Go! sangat membantu dalam perjalanan, terutama untuk mencari lokasi pom bensin terdekat. Lengkap dengan informasi ada atau tidaknya Pertamax, Pertamax Plus, atau Pertamina Dex," kata Willem.

Aplikasi ini cukup diandalkan, karena mengandalkan integrasi layanan GPS pada ponsel pintar untuk melacak SPBU terdekat dengan lokasi pengguna. Jika ada SPBU yang dipilih, aplikasi akan mengarahkan ke lokasi itu secara real time.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur Trip Planner. Jadi, cukup menyimpan lokasi tujuan yang akan dituju, nantinya akan muncul titik-titik lokasi SPBU sepanjang rute yang ditempuh. "Jadi kita bisa memperkirakan, dengan sisa bensin segitu mau mengisi di mana selanjutnya. Di aplikasinya juga bisa tahu fasilitas di pom bensin terdekat. Toilet, bengkel enduro, juga untuk ganti oli," kata Willem lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com