Industri Komponen Lokal Harus Dapat Insentif!

Kompas.com - 29/04/2016, 16:57 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Cibitung, KompasOtomotif – Industri komponen di Indonesia setiap tahun terus mengalami pertumbuhan. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian terkini, sudah mencapai lebih dari 1.000 unit perusahaan yang memproduksi berbagai jenis komponen untuk kendaraan bermotor dalam negeri maupun ekspor.

Namun, sebagian besar berasal dari luar negeri yang berinvestasi di Indonesia. Sementara perusahaan pembuat komponen yang asli lokal hanya minoritas jumlahnya.

Kendati demikian, Husein Maulana, Direktur Fasilitasi Promosi Daerah Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), menginginkan selain mendorong investor asing, juga pemerintah harus memperhatikan merek komponen asli Indonesia.

“Bentuknya bisa bermacam-macam, misalnya memberikan insentif agar mereka tetap bisa bersaing dengan perusahaan asing di industri komponen,”ujar Husein di acara Focus Group Discussion di Cibitung, Jumat (29/4/2016).

Industri komponen lokal, lanjut Husein, harus tetap berkembang. Dengan memberikan dukungan, bisa saling bekerjasama dalam hal teknologi dan lain sebagainya.

“Jika seperti itu, mereka pelaku industri kompomnen lokal) tetap bisa bertahan dan perlakuan kita ke semuanya tetap sama,” ucap Husein.

Pemerintah itu sendiri telah menentukan industri kendaran bermotor (KBM) sebagai salah satu prioritas dengan mempertimbangkan kepentingan nasional, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan produktivitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.