Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Wiper untuk Helm Sepeda Motor

Kompas.com - 10/03/2016, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ide memasang wiper pada helm sepeda motor, seharusnya sudah ada sejak pertama kali berkendara saat hujan. Ini tentunya untuk menjaga pandangan biker tetap bak, layaknya wiper pada kaca mobil depan.

Saat ini, Aarons warga berkebangsaan Inggris, telah mematenkan konsep wiper clip-on untuk helm, yang bisa dicopot-pasang (portable). Komponen ini disebut Rainpal, dan dibanderol mulai 49,99 poundsterling sampai 69,99 poundsterling atau sekitar Rp 900.000 sampai Rp 1,3 juta.

"Sekarang mobil sudah memiliki segala macam teknologi keselamatan. Namun untuk para biker, masih tetap menunggu sesuatu yang mendasar seperti misalnya wiper helm. Banyak pengendara di negara-negara seperti Inggris yang berkata jujur, kalau mereka sulit memandang ketika hujan,” ujar Aarons seperti dikutip Motoryclenews.com, Minggu (7/3/2016).

Motorcyclenews.com Tombol wireless untuk mengontrol kerja wiper helm.

Rainpal diklaim aman, karena sudah dites sampai kecepatan 160 kpj. Wiper kaca helm ini hanya dipasangkan pada bagian atas kaca helm.

Komponennya terdiri dari blade wiper untuk menyapu visor, yang dilengkapi dengan dengan fluida reservoir dan bisa menyemprotkan 100ml air ke visor, untuk membersihkan kotoran. Produk ini juga didukung oleh baterai yang bisa diganti atau diisi ulang.

Baterai yang sudah terisi penuh, bertahan selama dua jam, dengan asumsi terus-menerus digunakan. Seperti di dalam video yag diunggah Aarons ke youtube, dikatakan kalau kerja wiper bisa diatur melaui tombol yang ada pada helm atau dengan remote wireless yang bisa dipasang pada setang.

Berminat? Langsung saja pesan di www.rainpalrevolution.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com