Honda: Kita Tidak 100 Persen “Mengekor” Kompetitor

Kompas.com - 19/02/2016, 09:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Bogor, KompasOtomotif – Strategi yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) dalam meluncurkan produk disebut-sebut selalu mengikuti kompetitor. Misalnya, produk yang diluncurkan kompetitor cukup sukses di pasar, lalu AHM ikut menjual sepeda motor tersebut.

Sebagai contoh, Yamaha sejak 2007 sudah meluncurkan  V-Ixion dan sukses di pasaran. Sedangkan AHM baru menjual pesaingnya, CB150R StreetFire di 2012. Secara harga pun bersaing ketat, saat ini V-Ixion dijual Rp 24,9 juta, dan CB150R StreetFire Rp 25,4 juta.

Menanggapi hal itu, Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran PT AHM, menjelaskan, kondisinya tidak selalu sepeti itu, karena setiap perusahaan memiliki kebijakan dan waktu peluncuran produk yang berbeda-beda.

Rodrik Komparasi Honda CB150R Versus Yamaha Vixion

“Jadi tidak 100 persen benar seperti itu (mengekor). Kita tidak berusaha mengikuti kompetitor,” kata Margono di sela-sela acara test ride All New Honda CBR150R di Sirkuit Karting Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (18/2/2016).

Margono melanjutkan, jika konteksnya saling mengikuti satu sama lain, kompetior pun melakukan hal yang sama dalam meluncurkan produk disegmen skutik bongsor (PCX dan NMAX). Tetapi, menurut dia, jangan selalu dilihat dari sisi itu, karena intinya hanya masalah strategi.

“Soal mana yang lebih dulu itu menurut saya hanya masalah waktu dan kebijakan perusahaan saja. Kalau mau seperti itu, banyak juga kompetitor mengikuti kita, tapi janganlah dibahas seperti itu,” kata Margono.

Sekarang ini, lanjut Margono, sesuai dengan fokus utama AHM, yakni ingin memberikan pelayanan dan produk yang terbaik kepada masyarakat Indonesia. “Intinya, kita selalu memberikan produk terbaik untuk konsumen dan produk yang kita jual selalu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat,” kata Margono lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.