Strategi "Duo Diesel" Generasi Baru Pajero Sport Terungkap

Kompas.com - 12/01/2016, 09:42 WIB
Mitsubishi All-New Pajero Sport. Mitsubishi Motors CorporationMitsubishi All-New Pajero Sport.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) Mitsubishi di Indonesia punya strategi unik untuk memasarkan generasi terbaru Pajero Sport.

Mitsubishi akan memasarkan All-New Pajero Sport dengan strategi "duo diesel", di mana tersedia dua opsi pilihan mesin berbahan bakar solar. Mesin diesel terbaru, yakni 4N15 MIVEC 2.4L, sekaligus mempertahankan mesin yang digunakan pada model sekarang yang masih beredar, yaitu 4D56 DOHC 2.5L.

Fakta data diperoleh KompasOtomotif, setelah mengulik informasi dari Kementerian Perindustrian.

Di negara produsen Thailand, generasi terbaru Pajero Sport hanya ditawarkan dengan satu pilihan mesin baru, yakni 4N15 MIVEC 2.4L dan tidak melanjutkan penggunaan mesin lawas, 4D56 DOHC 2.5L yang meluncur Juli 2015. Mesin ini juga digunakan pada pikap Triton yang meluncur duluan, November 2014.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mesin baru Mitsubishi All-New Pajero Sport, 4N15 4-silinder 2.4L MIVEC turbo bertenaga 178 tk @3.500 rpm dan torsi 430 Nm @2.500 rpm, Terdapat dua pilihan transmisi, manual 6-percepatan dan otomatis 8-percepatan.
Indonesia

Di Indonesia strategi serupa juga sudah dilakukan KTB pada All-New Triton mulai Agustus 2015 tanpa mesin baru dan tetap menggunakan (mesin lawas) 2.5L. Apapun alasan strategi itu, jelas membuat debut mesin diesel baru 2.4L untuk Indonesia, baru akan terjadi pada tubuh Pajero Sport generasi ketiga.

Namun fakta menariknya, KTB tetap mau menjual All New Pajero Sport dengan mesin 2.5L buat menemani 2.4L. Hal ini tentu mengundang tanda tanya, mengapa satu pilihan mesin diesel saja belum cukup?

KompasOtomotif Mesin All New Triton sudah dilengkapi dengan turbo intercooler dan teknologi VGT
Alasannya, tidak terlalu berbeda dengan strategi yang ditawarkan pada Strada Triton di Indonesia yang sengaja belum mau “move on”. Pihak Mitsubishi berdalih, kepercayaan konsumen Indonesia pada mesin lawas begitu tinggi, dinilai dari ketahanan, kemudahan perawatan, dan ketersediaan suku cadang.

Adaptasi

Intan Vidiasari, Head of MMC PR Departement KTB, Senin (11/1/2016), menjelaskan, andai ada dua pilihan mesin buat All-New Pajero Sport, itu disiapkan untuk peralihan, membiasakan konsumen beradaptasi dengan mesin baru. Selain itu, para konsumen juga perlu diedukasi menyangkut pengoperasian sistem gerak 4WD menggunakan tombol sebagai pengganti tuas.

“Kami mau membiasakan dulu konsumen dengan mesin dan cara kerja 4WD yang baru," kata Intan.

Kalau sedikit berspekulasi, Mitsubishi sepertinya sengaja mempertahankan opsi Pajero Sport dengan mesin lawas agar kenaikan banderol yang terjadi tidak terlalu tinggi. Ini penting bagi konsumen, khususnya dari perusahaan (fleet) yang lebih perhatian terhadap fungsi dan harga yang ekonomis demi menunjang kegiatan operasional.

Sedangkan, informasinya, mesin baru 2.4L hanya akan ditawarkan pada varian tertinggi All-New Pajero Sport, Dakar. Segmen konsumen ini, lebih mengutamakan performa dan paham teknologi, sehingga meski lebih mahal, tidak akan terlalu berpengaruh.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X