Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Spesifikasi Suzuki Jimny untuk Indonesia

Kompas.com - 11/01/2016, 17:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Suzuki Jimny yang dijual di Indonesia paruh pertama tahun ini bakal berstatus impor utuh (completely built up/CBU) dari Jepang. Bahkan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menegaskan tidak ada penurunan atau pengurangan fitur.

Sebelum resmi diluncurkan, KompasOtomotif akan membahas spesifikasi mini Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut. Mulai dari eksterior, interior hingga jantung pacunya. Berikut pemaparannya:

Eksterior

Kita mulai dari sisi eksterior, Jimny generasi terbaru ini memiliki bodi kompak bernuansa boxy dan terkesan ringkas. Bemper dibuat besar dan grill kecil palang enam berbentuk vertikal. Lampu depan tetap bulat dan belakang memanjang ke bawah serta menggendong satu ban cadangan.

Jimny ini memiliki sasis berbentuk ladder frame dan sudah dilengkapi suspensi yang mumpuni terutama untuk jalanan tanah (off-road).

Warna baru diberikan untuk tipe SZ4, yakni Steel Silver dan Khaki Green, serta pelek alloy 15 inci. Semenatara tipe SZ3, bahan pelapis jok punya corak baru.

Interior

dok.Suzuki Interior Suzuki Jimny

Masuk ke interior, Suzuki sudah menyegarkan Jimny pada 2014, termasuk penamnbahan beberapa aksesori hingga fitur di kabin. Semua itu dilakukan untuk beradaptasi dengan teknologi masa kini, terutama urusan keamanan.

Di panel instrumen, terdapat Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) untuk melihat dan mengontrol tekanan ban. Gear Shift Indicator (GSI) kini juga dipasang agar pengemudi lebih mudah mencapai konsumsi bahan bakar ideal.

ESC (Electronic Stability Control) kini juga dibenamkan sebagai fitur standar. Intinya, si Jimny kini semakin canggih. Bahkan Suzuki mengatakan bahwa model ini bakal terus mendapat banyak fitur, tapi tetap bertastus opsi mobil off-road dengan biaya rendah.

Mesin

dok.Suzuki Suzuki Jimny

Di bawah kap, Jimny dibekali mesin 1.300cc dengan dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan. Jantung pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga  83 tk pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm di 4.100 rpm.

Sebagai patokan harga, di Inggris tipe SZ3 ditawarkan 12.195 poundsterling (Rp 235 juta). Sedangkan tipe SZ4 dijual dua pilihan, transmisi manual 13.645 poundsterling (Rp 263 juta) atau transmisi otomatis 14.454 poundsterling (Rp 279 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com