Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Aman Kijang Innova jika Alami Tabrakan?

Kompas.com - 11/12/2015, 13:57 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Salah satu hal penting yang patut dipertimbangkan sebelum membeli mobil adalah faktor keselamatan. Sebagai mobil keluarga 7 penumpang, Toyota Kijang Innova terbaru sudah dilengkapi beberapa perangkat keselamatan baik aktif maupun pasif.

Perangkat keselamatan aktif sebagai langkah antisipasi yang dipasang di Innova terdiri dari ABS, EBD, kontrol stabilitas (Vehicle Stability Control : VSC), dan hill assist control (HAC). Untuk pelengkap keselamatan pasif ada kantong udara depan, kaki, samping (tipe Q) dan pilar samping (tipe Q).

Lalu, bagaimana jika terjadi kecelakaan, seberapa amankah penumpang di dalamnya?

"Semua unit (model) yang diproduksi diuji tabrak di TMC Jepang. Alasannya karena Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) belum memiliki fasilitas untuk uji tabrak," jelas Director Production Directorate Engineering Karawang Plant I Nandi Julyanto, seperti dilansir situs resmi Toyota Indonesia, (8/12/2015).

Uji tabrak di Jepang, lanjut Nandi, dilakukan guna memastikan bahwa kualitas keamanan Innova sama dengan mobil lain yang diproduksi Toyota. Selain itu pihaknya juga melakukan uji kendaraan bekerja sama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) di Serpong, Tangerang Selatan.

Nada serupa dilontarkan Yui Hastoro, Direktur Teknikal dan Proyek Engineering TMMIN yang menyebutkan bahwa hasil tes Innova di Jepang cukup memuaskan.

"Uji tabrak Innova terbaru dilakukan di TMC Jepang, hasilnya dapat lima bintang," kata Yui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com