Kompas.com - 11/12/2015, 13:57 WIB
Toyota Kijang Innova saat di tes di Bali (3 -5 Desember 2015) KompasOtomotifToyota Kijang Innova saat di tes di Bali (3 -5 Desember 2015)
EditorAris F Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Salah satu hal penting yang patut dipertimbangkan sebelum membeli mobil adalah faktor keselamatan. Sebagai mobil keluarga 7 penumpang, Toyota Kijang Innova terbaru sudah dilengkapi beberapa perangkat keselamatan baik aktif maupun pasif.

Perangkat keselamatan aktif sebagai langkah antisipasi yang dipasang di Innova terdiri dari ABS, EBD, kontrol stabilitas (Vehicle Stability Control : VSC), dan hill assist control (HAC). Untuk pelengkap keselamatan pasif ada kantong udara depan, kaki, samping (tipe Q) dan pilar samping (tipe Q).

Lalu, bagaimana jika terjadi kecelakaan, seberapa amankah penumpang di dalamnya?

"Semua unit (model) yang diproduksi diuji tabrak di TMC Jepang. Alasannya karena Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) belum memiliki fasilitas untuk uji tabrak," jelas Director Production Directorate Engineering Karawang Plant I Nandi Julyanto, seperti dilansir situs resmi Toyota Indonesia, (8/12/2015).

Uji tabrak di Jepang, lanjut Nandi, dilakukan guna memastikan bahwa kualitas keamanan Innova sama dengan mobil lain yang diproduksi Toyota. Selain itu pihaknya juga melakukan uji kendaraan bekerja sama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) di Serpong, Tangerang Selatan.

Nada serupa dilontarkan Yui Hastoro, Direktur Teknikal dan Proyek Engineering TMMIN yang menyebutkan bahwa hasil tes Innova di Jepang cukup memuaskan.

"Uji tabrak Innova terbaru dilakukan di TMC Jepang, hasilnya dapat lima bintang," kata Yui.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.