"Tester" Jepang Sampai BIkin SIM Indonesia untuk Tes Innova

Kompas.com - 07/12/2015, 08:21 WIB
Toyota All-New Kijang Innova diuji media nasional di Bali. Toyota Astra Motor (TAM)Toyota All-New Kijang Innova diuji media nasional di Bali.
|
EditorAgung Kurniawan

Ubud, KompasOtomotif – Proses melahirkan generasi baru Innova sudah dilakukan sejak empat tahun yang lalu. Kendati statusnya model global bagian IMV (International Multi-purpose Vehicle) fokus pengembangannya ada di Indonesia.

Iwan Abdurrahman dari Technical service Division Toyota Astra Motor menceritakan hal menarik saat pengembangan dilakukan di jalan-jalan di daerah. Iwan mendapat kesempatan menguji Innova di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama penguji dari Jepang.

“Saya bersama orang Jepang itu betul-betul menyusuri, kita naik mobilnya dan orang Jepang pun sampai ngurus SIM di Indonesia supaya bisa mengemudi juga. Kepengen tahu jalan di Indonesia kaya apa, macetnya, bolongnya,” papar Iwan.

Menjajal langsung jalan - jalan di Indonesia sesuai dengan pernyataan bos desain Toyota Motor Corporation Hiroki Nakajima saat peluncuran All-New Innova, 23 November lalu. Konsep pengembangannya disebut mendefinisikan tangguh, selain di Indonesia Innova juga dites merasakan kondisi jalan-jalan di negara lain.

Iwan juga bilang sempat mendatangi beberapa rumah pemilik Innova untuk survei, termasuk mengukur garasi. Aktivitas lain yang disebut, nongkrong di mall sambil memerhatikan gaya orang menaikan dan menurunkan barang ke bagasi mobil seperti apa.

Kerja Iwan hanya sebagian dari pengembangan di dalam negeri. Selain diuji di pulau Jawa, generasi baru Innova juga diajak keliling di pulau Sulawesi dan Sumatera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.