Baru Juga Meluncur, Toyota Sudah Godok Kijang Innova "Facelift"

Kompas.com - 26/11/2015, 08:02 WIB
Sketsa desain All-New Kijang Innova. Toyota Astra Motor (TAM)Sketsa desain All-New Kijang Innova.
|
EditorAgung Kurniawan

Karawang, KompasOtomotif – Ada fakta menarik yang disampaikan pihak Toyota dalam pengembangan generasi terbaru Kijang Innova yang baru resmi meluncur, Senin (23/11/2015).

Ternyata, sosok multi purpose vehicle (MPV) andalan Toyota ini sudah berusia empat tahun, karena sudah mulai dikembangkan mulai 2011. Menariknya lagi, setelah resmi diluncurkan, mulai bergulir juga waktu bagi para insinyur perancang di Toyota menyiapkan seperti apa model selanjutnya nanti.

“Contohnya sekarang peluncuran, tapi teman-teman saya, insinyur saya, sudah mulai memikirkan yang berikutnya Innova mau apa. Sudah mikir dari sekarang,” papar Yui Direktur Technical Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), di Karawang, Jawa Barat (Selasa/11/2015).

Dari penuturan Yui, pengembangan desain Innova di masa depan dengan kadar minor change sepertinya bukan masalah. “Kalau tiga tahun itu bukan facelift tapi model change, kalau facelift mah gampanglah,” ujar Yui.

Pria yang berperan jadi kepala insinyur TMMIN itu juga menjelaskan, pengembangan All-New Innova berdasarkan data pasar. Komentar, keluhan, dan masukan, ditampung untuk dicarikan solusinya kemudian diterapkan pada model baru.

Selain itu, TMMIN juga dikatakan aktif berkomunikasi dengan pemerintah untuk mendapat pandangan tentang regulasi yang masih wacana ataupun bakal diterapkan. Usaha ini dilakukan agar pengembangannya tidak salah arah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.