Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Juga Meluncur, Toyota Sudah Godok Kijang Innova "Facelift"

Kompas.com - 26/11/2015, 08:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Ada fakta menarik yang disampaikan pihak Toyota dalam pengembangan generasi terbaru Kijang Innova yang baru resmi meluncur, Senin (23/11/2015).

Ternyata, sosok multi purpose vehicle (MPV) andalan Toyota ini sudah berusia empat tahun, karena sudah mulai dikembangkan mulai 2011. Menariknya lagi, setelah resmi diluncurkan, mulai bergulir juga waktu bagi para insinyur perancang di Toyota menyiapkan seperti apa model selanjutnya nanti.

“Contohnya sekarang peluncuran, tapi teman-teman saya, insinyur saya, sudah mulai memikirkan yang berikutnya Innova mau apa. Sudah mikir dari sekarang,” papar Yui Direktur Technical Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), di Karawang, Jawa Barat (Selasa/11/2015).

Dari penuturan Yui, pengembangan desain Innova di masa depan dengan kadar minor change sepertinya bukan masalah. “Kalau tiga tahun itu bukan facelift tapi model change, kalau facelift mah gampanglah,” ujar Yui.

Pria yang berperan jadi kepala insinyur TMMIN itu juga menjelaskan, pengembangan All-New Innova berdasarkan data pasar. Komentar, keluhan, dan masukan, ditampung untuk dicarikan solusinya kemudian diterapkan pada model baru.

Selain itu, TMMIN juga dikatakan aktif berkomunikasi dengan pemerintah untuk mendapat pandangan tentang regulasi yang masih wacana ataupun bakal diterapkan. Usaha ini dilakukan agar pengembangannya tidak salah arah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com