Kupas Tuntas Detail Ubahan Kijang Innova

Kompas.com - 23/11/2015, 18:28 WIB
Toyota All-New Kijang Innova mendebut di Jakarta, Senin (23/11/2015). Febri Ardani/KompasOtomotifToyota All-New Kijang Innova mendebut di Jakarta, Senin (23/11/2015).
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – All-New Innova berubah total dari generasi sebelumnya. Ditinjau dari proses produksi, 95 persen komponennya baru dengan klaim kandungan lokal sampai 85 persen.

Hasilnya, seperti bisa dilihat saat debut, Senin (23/11/2015), generasi keenam Kijang ini sekarang tampil jauh lebih modern.

Pertama yang perlu diketahui, dimensi All-New Kijang Innova membesar dari generasi sebelumnya. Bodinya memanjang 15 cm menjadi 4,735 m, melebar 5,5 cm (jadi 1,795 m), dan meninggi 4,5 cm (1,795 m). Meski begitu jarak poros roda tetap sama dan sasis tidak berubah masih menggunakan ladder frame berpenggerak roda belakang.

Innova terbaru punya tiga tipe, G, V, dan Q. Ketiganya diberi pilihan mesin bensin 1TR-FE 1.998 cc berteknologi dual VVT-i bertenaga 139 PS dan torsi 18,7 kgm dan diesel 2GD-FTV 2.393 cc dengan variable nozzle turbo (VNT) 149 PS dan torsi 34,9 kgm.

Pilihan transmisi tetap dua, manual 5-percepatan dan yang terbaru otomatis 6-percepatan. Suspensi depan menggunakan double wishbone dengan pegas koil dan stabilizer, sedangkan di belakang memakai 4-link dengan pegas koil dan lateral rod.

Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan saat peluncuran, tema perubahan mengarah ke grand tourer. Bos desain Toyota Motor Corporation Hiroki Nakajima menambahkan, Innova baru dikembangkan setelah mejalani riset merasakan kondisi jalan dan lingkungan di berbagai negara, terutama Indonesia.

Tampilan

Innova menjadi penerus Kijang sejak meluncur pada 2004. Sebelas tahun kemudian, generasi keduanya muncul seperti yang bisa kita lihat sekarang. Desain ekterior All-New Innova digarap memberi kesan modern sekaligus tangguh.

Bentuk gril besar untuk mengakomodasi kebutuhan udara untuk mesin yang lebih bertenaga. Desain wajah makin serius dan berkarakter dengan kombinasi lampu proyektor dan daytime running light.  Lampu sein depan kini berada di bawah, di samping lampu kabut.

Keseluruhan desain mengikuti model-model modern Toyota sekaligus menyesuaikan kebutuhan pasar global.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.