Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebon Sirih Timur “Surga” Perajin Jok Mobil

Kompas.com - 13/11/2015, 08:05 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif — Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan interior mobil menjadi ciamik adalah dengan sentuhan modifikasi.

Cara paling sederhana yakni dengan memberi sarung atau mengganti jok dengan motif jahitan menyesuaikan selera. Sekarang ini, sudah banyak bengkel atau perajin jok, khususnya di Jakarta.

Tertarik mengganti atau melakukan servis jok hingga mempercantik bagian interior lainnya? Anda bisa datang ke kawasan Kebon Sirih Timur, Jakarta Pusat. Sepanjang jalan itu, banyak perajin jok mobil yang sudah berdiri sejak puluhan tahun silam.

Dedi, salah satu perajin jok mobil, menjelaskan, para penjual dan pembuat jok mobil di Kebon Sirih Timur ini ada sejak puluhan tahun lalu. Bahkan, dirinya pun mengaku sudah 30 tahun menggeluti usahanya ini.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Salah satu jok mobil yang dijual oleh pedagang jok di Kebon Sirih Timur, Jakarta Pusat.

“Masing-masing tempat yang menjual jok berbeda-beda. Ibaratnya ada spesialisasinya sendiri, tapi ada juga yang satu toko jualannya sama,” ucap Dedi saat ditemui KompasOtomotif, Kamis (12/11/2015).

Menurut dia, selain tempatnya yang melayani pembuatan jok, servis jok, hingga door trim, banyak juga pedagang lain menawarkan hal beda. Seperti khusus menjual jok racing, mengganti plafon, hingga urusan interior mobil.

“Tempat ini sudah dikenal oleh banyak orang. Tidak hanya mobil biasa yang datang, mobil mewah pun banyak yang mengganti jok atau memesan jok di sini (Kebon Sirih Timur),” kata Dedi.

Harga

Mengenai harga, Dedi menurutkan, tergantung dari keinginan konsumen. Tetapi, ia berani menjamin kalau banderolnya bersaing dengan tempat atau pusat penjualan/perajin jok mobil lainnya.

“Kalau servis saja murah, pokoknya dari harganya Rp 150.000 sampai jutaan. Harga yang jutaan itu mengganti jok yang bagus bahannya,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com