Kebon Sirih Timur “Surga” Perajin Jok Mobil

Kompas.com - 13/11/2015, 08:05 WIB
Pembuat jok mobil di Kebon Sirih Timur, Jakarta Pusat. Aditya Maulana, KompasOtomotifPembuat jok mobil di Kebon Sirih Timur, Jakarta Pusat.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif — Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan interior mobil menjadi ciamik adalah dengan sentuhan modifikasi.

Cara paling sederhana yakni dengan memberi sarung atau mengganti jok dengan motif jahitan menyesuaikan selera. Sekarang ini, sudah banyak bengkel atau perajin jok, khususnya di Jakarta.

Tertarik mengganti atau melakukan servis jok hingga mempercantik bagian interior lainnya? Anda bisa datang ke kawasan Kebon Sirih Timur, Jakarta Pusat. Sepanjang jalan itu, banyak perajin jok mobil yang sudah berdiri sejak puluhan tahun silam.

Dedi, salah satu perajin jok mobil, menjelaskan, para penjual dan pembuat jok mobil di Kebon Sirih Timur ini ada sejak puluhan tahun lalu. Bahkan, dirinya pun mengaku sudah 30 tahun menggeluti usahanya ini.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Salah satu jok mobil yang dijual oleh pedagang jok di Kebon Sirih Timur, Jakarta Pusat.

“Masing-masing tempat yang menjual jok berbeda-beda. Ibaratnya ada spesialisasinya sendiri, tapi ada juga yang satu toko jualannya sama,” ucap Dedi saat ditemui KompasOtomotif, Kamis (12/11/2015).

Menurut dia, selain tempatnya yang melayani pembuatan jok, servis jok, hingga door trim, banyak juga pedagang lain menawarkan hal beda. Seperti khusus menjual jok racing, mengganti plafon, hingga urusan interior mobil.

“Tempat ini sudah dikenal oleh banyak orang. Tidak hanya mobil biasa yang datang, mobil mewah pun banyak yang mengganti jok atau memesan jok di sini (Kebon Sirih Timur),” kata Dedi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga

Mengenai harga, Dedi menurutkan, tergantung dari keinginan konsumen. Tetapi, ia berani menjamin kalau banderolnya bersaing dengan tempat atau pusat penjualan/perajin jok mobil lainnya.

“Kalau servis saja murah, pokoknya dari harganya Rp 150.000 sampai jutaan. Harga yang jutaan itu mengganti jok yang bagus bahannya,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.