Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa "Haus" New V-Ixion Advance pada Bensin

Kompas.com - 16/10/2015, 11:41 WIB


Jakarta, KompasOtomotif - Yamaha masih memegang predikat sebagai "raja sport" di Indonesia berkat salah satu model unggulannya, yakni New V-Ixion Advance. Meski berbagai model pesaing muncul di pasar dari merek lain, dominasi sport 150 cc Yamaha ini masih sulit dipatahkan.

Meski sudah membahas singkat ketika peluncuran dan first drive yang diadakan pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), kini KompasOtomotif mendapat giliran tes sendiri. Satu unit V-Ixion Advance berkelir hitam diantar ke redaksi, untuk pengujian pertama fokus kami ada pada hal yang mendasar, rata-rata konsumsi bahan bakar minyak (BBM).
Selain penyegaran pada sisi tampilan, V-Ixion diklaim datang dengan standar emisi bertaraf Euro III. Pengujian seberapa haus sang V-Ixion kami lakukan dengan metode berkendara sehari-hari di dalam kota.

Metode

Metode penghitungan konsumsi BBM dilakukan dengan full to full, dengan prinsip banyaknya kilometer jarak yang ditempuh dibagi dengan banyaknya bahan bakar yang digunakan. Sistematisnya, bensin diisi penuh, catat km terakhir atau kosongkan kilometer (reset), gunakan kendaraan seperti biasa sampai jarak tertentu. Kemudian, isi kembali tangki sampai penuh, kemudian catat kilometer terakhir saat mengisi, termasuk seberapa banyak pengisian bensin dilakukan.

Stanly/Otomania Tes Konsumsi Bahan Bakar Yamaha New V-Ixion

Baiknya odometer V-Ixion sudah modern dan dilengkapi pencatat jarak tempuh (trip 1 dan 2). Selesai diisi penuh dengan menggunakan BBM jenis Pertamax pada posisi di atas batas besi pada tangki, tinggal mengkosongkan spidometer, sedangkan  jarak tempuh yang ditempuh 100 km.

Rute perkotaan selama dua hari menjadi medan pengujian. Perlakuaan saat berkendara pun benar-benar seperti harian, sesekali berjalan santai, ada kalanya juga cenderung agresif.
Saat berkendara motor hanya menopang satu pengemudi dengan bobot 67 kg. Kemacetan dalam kota juga menjadi menu utama yang sering menghambat laju berkendara dan kerap dihadapkan dengan posisi stop n go.

Roderick Komparasi Honda CB150R dengan Yamaha V-Ixion

Dua hari menggunakan V-Ixion Advance akhirnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, odometer New V-Ixion menyentuh jarak 100 km. Waktunya, kembali mengisi tangki supaya untuk mengetahui berapa liter bensin yang dikonsumsi V-Ixion setelah pemakaian.
Hasilnya, jumlah bensin yang masuk hingga ke posisi awal hanya 2,665 liter. Artinya selama dua hari memakai V-Ixion berkeliling sampai jarak 100 km hanya menghabiskan bensin kurang dari 3 liter.

Dari angka ini pun tinggal pembagian dilakukan, sehingga memperoleh rata-rata konsumsi BBM Yamaha V-Ixion Advance adalah, 37,5 kpl atau 1 liter untuk 37,5 km.

Roderick Komparasi Honda CB150R dengan Yamaha V-Ixion

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com