Diam-diam Suzuki Jual Jimny ke Pembeli Borongan

Kompas.com - 15/09/2015, 09:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia diam-diam telah memasarkan Jimny kepada konsumen fleet atau pembeli borongan. Kabar itu mencuat setelah Suzuki mendaftarkan model ikonis itu melakukan proses homologasi di Kementerian Perindustrian, belum lama ini.

Ketika coba dikonfirmasi, Davy Tuilan, Deputy 4W Managing Director SIS tidak menepis informasi tersebut. Menurutnya, pihak Suzuki memboyong satu unit Jimny diimpor langsung dari Jepang untuk keperluan homologasi. Upaya ini dilakukan karena ada permintaan khusus dari konsumen perusahaan, berniat memesan Jimny dalam jumlah besar.

“Jadi ini proyek konsumen fleet. Berapa unitnya belum tahu karena mohon maaf saya tidak bisa menginformasikan, karena belum deal, nanti kalau saya sudah bicara ditikung oleh kompetitor,” ujar Davy di Sunter, Jakarta Barat, Senin (14/9/2015).

Tak hanya itu, pria berkacamata ini juga enggan membuka keran informasi terkait perusahaan apa dan berapa jumlah pesanan yang diterima pihak Suzuki. Davy hanya menegaskan kalau rencana ini belum final, karena masih dalam proses homologasi.

“Nanti dulu, setelah deal pasti kita akan informasikan. Sekarang kita harus menjaganya dulu, yang jelas perusahaan itu meminta Jimny 4x4,” kata Davy .

"By Order"

Ketika KompasOtomotif bertanya, setelah proses homologasi selesai dan ternyata memenuhi kriteria untuk dijual di Indonesia, apakah Suzuki akan menjual Jimny seperti model lainnya atau bisa berdasarkan permintaan konsumen?

“Kalau hanya satu atau dua unit saja kita capai jualannya. Karena bukan apa-apa, kita juga harus menyiapkan mekanik khusus, special tools, dan lain sebagainya. Kalau dipasarkan seperti model lainnya, pasti terkendala dengan pajak, karena Jimny itu sendiri berpenggerak 4x4,” ujar Davy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.