Sony Lirik Gurihnya Pasar Otomotif

Kompas.com - 07/09/2015, 13:09 WIB
Perusahaan elektronik Sony memberi wacana segera terjun ke dunia otomotif. The car connectionPerusahaan elektronik Sony memberi wacana segera terjun ke dunia otomotif.
|
EditorAzwar Ferdian

Tokyo, KompasOtomotif – Sony mulai membuka cakrawala ide untuk segera memasuki dunia otomotif. Jika terlaksana, merek elektronik raksasa asal Jepang itu akan mengikuti langkah Google dan Apple yang sudah mulai mencicipi ”remah kue” bisnis otomotif yang cukup gurih.

Apple mulai mengembangkan mobil masa depan, begitu juga dengan Google yang mulai menguji mobil tanpa awak. Nokia pun masuk di industri ini, namun lebih mengandalkan sistem infotainment. Sony? Mereka lebih ingin mengembangkan sensor kamera pada ponsel pintar untuk digunakan pada mobil.

Dalam sesi wawancara dengan Financial Times belum lama ini, CEO Sony Kazuo Hirai mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki rencana untuk segera masuk di dunia otomotif, namun dirinya tetap membuka kesempatan. ”Jangan pernah mengatakan tidak,” kata Hirai San.

Hirai juga mengatakan bahwa jika secara fundamental, Sony bisa memberikan perbedaan untuk industri otomotif, itulah yang sebenarnya sedang dicari perusahaan.

Selain soal sensor, Sony sebenarnya sudah mulai menancapkan fondasi di dunia otomotif lewat teknologi pengisian baterai lithium-ion dan menyumbang kecerdasan utuk robot Honda ASIMO.

Hirai juga percaya bahwa pendatang baru di industri otomotif harus lebih menekankan pendekatan emosional, seperti yang dipercaya dan dialami Sony di industri elektronik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.