Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Lirik Gurihnya Pasar Otomotif

Kompas.com - 07/09/2015, 13:09 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Sony mulai membuka cakrawala ide untuk segera memasuki dunia otomotif. Jika terlaksana, merek elektronik raksasa asal Jepang itu akan mengikuti langkah Google dan Apple yang sudah mulai mencicipi ”remah kue” bisnis otomotif yang cukup gurih.

Apple mulai mengembangkan mobil masa depan, begitu juga dengan Google yang mulai menguji mobil tanpa awak. Nokia pun masuk di industri ini, namun lebih mengandalkan sistem infotainment. Sony? Mereka lebih ingin mengembangkan sensor kamera pada ponsel pintar untuk digunakan pada mobil.

Dalam sesi wawancara dengan Financial Times belum lama ini, CEO Sony Kazuo Hirai mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki rencana untuk segera masuk di dunia otomotif, namun dirinya tetap membuka kesempatan. ”Jangan pernah mengatakan tidak,” kata Hirai San.

Hirai juga mengatakan bahwa jika secara fundamental, Sony bisa memberikan perbedaan untuk industri otomotif, itulah yang sebenarnya sedang dicari perusahaan.

Selain soal sensor, Sony sebenarnya sudah mulai menancapkan fondasi di dunia otomotif lewat teknologi pengisian baterai lithium-ion dan menyumbang kecerdasan utuk robot Honda ASIMO.

Hirai juga percaya bahwa pendatang baru di industri otomotif harus lebih menekankan pendekatan emosional, seperti yang dipercaya dan dialami Sony di industri elektronik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com