Laporan Langsung dari Adelaide, Australia

Buka Rahasia Kabin Ford New Focus Lebih Kedap

Kompas.com - 03/09/2015, 09:01 WIB
Interior Ford New Focus. FordInterior Ford New Focus.
|
EditorAzwar Ferdian

Adelaide, KompasOtomotif – Ford benar-benar bekerja keras untuk membuat Focus semakin digemari. Mobil laris yang sudah terjual lebih dari 12 juta unit di seluruh dunia itu diberi banyak bekal baru, termasuk kabin yang lebih senyap sebagai salah satu permintaan konsumen.

Melalui Mark Rampling, Chief Program Engineer Ford Asia Pacific yang menangani Ford Focus, di sela test drive untuk media di Adelaide, South Australia, Selasa (2/9/2015), dibukalah rahasia, apa saja pembaruan yang membuat kabin Focus semakin senyap.

”Banyak perubahan yang kami lakukan untuk membuat kabin semakin senyap. Tak hanya memperhalus getaran dari peredam suspensi, tetapi juga berbagai hal pada bodi. Sekali lagi, hal kecil kami lakukan tapi pengaruhnya cukup besar,” kata Mark.

Apa resep para insinyur Ford untuk meningkatkan kesenyapan kabin? Berikut daftarnya:

1. Pelapis sepatbor depan pada bodi didesain sedemikian rupa untuk mengurangi suara ban depan yang masuk ke kabin. Bagian ini juga menolak bunyi-bunyian dari luar, terutama bagian bawah saat melaju.

2. Sambungan kaca spion juga tak luput dari pelapis (sil), meminimalisasi suara yang masuk dari berbagai penjuru.

3. Kaca jendela samping bagian depan dibuat lebih tebal dengan pelapis kedap suara pada bagian yang menyatu dengan pintu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

4. Door trim didesain sedemikian rupa, memaksimalkan peredaman suara yang masuk ke kabin.

5. Karpet dibuat lebih tebal dengan memperhatikan detail pemasangan pada bodi.

6. Peredaman maksimal juga dilakukan pada bodi depan untuk mencegah suara mesin masuk kabin, sekaligus pada celah-celah udara di pintu yang diminimalisasi.

7. Pelapis (sil) juga ditambahkan untuk pintu belakang (liftgate) yang kadang luput dari perhatian.

Seberapa sunyi di dalam? KompasOtomotif membuktikannya dalam tes drive di South Australia, dan akan dibeberkan dalam artikel selanjutnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X