Daihatsu Siapkan Model Konsep SUV dan Crossover

Kompas.com - 13/07/2015, 11:31 WIB
Mobil keluarga masa depan Daihatsu UFC-3 Azwar Ferdian/KompasOtomotifMobil keluarga masa depan Daihatsu UFC-3
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Menyambut gelaran pameran otomotif nasional bulan depan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan tampil menggebrak dengan dua model konsep terbaru. Nantinya, konsep baru ini akan berada di ranah segmen SUV dan crossover.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra, yang mengatakan bahwa keduanya adalah jenis kendaraan baru, dengan model SUV (sport utility vehicle) serta crossover.

"Selain versi limited edition, Daihatsu juga punya dua mobil konsep berbasis compact car yang akan world debut untuk pertama kalinya di dunia. Untuk nama dan spesifikasi nanti saja, yang jelas satu SUV (sport utility vehicle) dan satu lagi crossover," kata Amelia, akhir pekan lalu.

Berkaca dari ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 silam, Daihatsu kerap menampilkan konsep-konsep baru bagi pengunjung pameran. Sebelumnya, ada model UFC-3 (Ultra Function Compact), SUV concept, CUV-2, dan Ayla GT-2 yang ditampilkan Daihatsu.

UFC sudah didapuk akan dikembangkan menjadi calon model baru, sebagai "adik" dari duet Avanza-Xenia. Investasi Rp 1 triliun bahkan sudah dialokaskan, berkat informasi yang dibocorkan Grup Astra melalui Presiden Direktur Prijono Sugiarto, dalam merayakan produksi ADM ke-4 juta, awal Mei lalu.

Sepertinya, kemunculan konsep SUV dan Crossover dari Daihatsu ini merupakan jawaban dari meluncurnya model baru Honda Prospect Motor (HPM), yakni Honda BR-V. Honda akan memajang prototipe BR-V di ajang yang sama dan mulai produksi 2016 mendatang.

Meski demikian, Amel menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat familiar dengan Daihatsu setelah Jepang. Jadi kehadiran dua mobil konsepnya nanti memang dirancang untuk Indonesia.

"Indonesia akan jadi peluncuran pertama dari dua model mobil konsep ini. Karena pasar terbesar selain Jepang adalah Indonesia, jadi kemungkinan besar mobil ini buat Indonesia. Kalau Malaysia memang ada, tapi tidak sebesar Indonesia, di sana juga dikenal dengan Perodua," ucap Amel.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X