Jangan Terlewat... Tempat Wisata Asyik di Jalur Mudik Selatan Jawa!

Kompas.com - 08/07/2015, 14:28 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Mudik yang dilakukan setahun sekali selalu menjadi momen istimewa bagi siapapun. Jika ingin melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi, berbagai persiapan harus dilakukan. Salah satunya memastikan kendaraan bermotor dalam kondisi prima.

Selain itu, pemilihan jalur mudik juga perlu dipertimbangkan untuk menghindari bosan saat perjalanan. Khusus Anda yang memiliki tujuan Tasikmalaya, Ciamis, Cilacap, Wonosobo, Yogyakarta, Wonosari, Blitar, hingga Malang maka jalur pantai selatan bisa menjadi pilihan menarik.

Jalur selatan dikenal dengan rute berkelok dan jalan menanjak. Hal ini akan membuat mata semakin "melek" saat mengendarai mobil.

Selain itu, sepanjang jalur selatan ada banyak destinasi wisata menarik sebagai tempat istirahat sekaligus penghilang jenuh yang bisa dikunjungi. Berikut daftar tempatnya:

KOMPAS.COM/RENI SUSANTI Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kawah putih, Bandung

Sempatkanlah beristirahat sejenak di wisata Kawah Putih, Bandung. Lokasinya terletak sekitar 46 kilometer dari Kota Bandung.

Kawah putih merupakan sebuah danau kawah di Gunung Patuha yang memiliki ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kondisi suhu sangat segar, antara 8 hingga 22 derajat celcius sehingga ramai dikunjungi warga Jakarta di akhir pekan.

ERISTO SUBYANDONO Rakit wisata yang menyeberangkan wisatawan ke Pulo Panjang di Situ Cangkuang, Garut, Jawa Barat.

Candi Cangkuang, Garut

Selain kawah putih, wisata sejarah Candi Cangkuang di Garut, Jawa Barat bisa jadi pilihan. Candi Cangkuang merupakan situs sejarah yang berada di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles sebelah utara Kabupaten Garut.

Menariknya, candi ini berada di tengah situ atau danau Cangkuang. Suasananya pun sejuk. Sangat cocok untuk mengumpulkan kembali energi sebelum melajutkan perjalanan mudik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.