Avanza Pop You Up 2015

Ini Trik Ganti Pelek Tanpa Ganggu "Speedometer" dan "Odometer"

Kompas.com - 06/07/2015, 10:24 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Selain dapat menggugurkan salah satu bagian garansi kendaraan, mengganti spesifikasi pelek di luar standar bisa mengganggu hitungan speedometer dan odometer. Pemenang Avanza Pop You Up 2014, Wong Tjwen Hwie, mengungkap tips mengatasi hal itu saat ajang unjuk personalisasi pemilik mobil sejuta umat itu digelar di Bandung akhir pekan lalu.

Personalisasi tanpa menghilangkan garansi memang menjadi salah satu tema yang digaungkan Avanza Pop You Up. Wong mengatakan, sudah mengantisipasi hal tersebut sebelum mengganti pelek dan ban Avanza tipe G miliknya.

Ukuran pelek standar mobil Wong 14 inci dengan ukuran ban 185/70, lantas ia menggantinya dengan pelek 17 inci plus ban 205/45. Spesifikasi “sepatu” baru itu sekadar gaya tapi juga telah dihitung agar diameter keseluruhan (pelek dan ban) tetap sama seperti ukuran lama.

“Jadi keseluruhan diameter tidak berubah, tidak bikin kacau speedometer sama odometer,” kata Wong.

Menurutnya perubahan seperti ini lebih baik sebab alat pengukur kecepatan dan jarak tidak terganggu. Cara ini cenderung aman karena tidak terlalu mengganggu kenyamanan berkendara, selain itu tak perlu ada penggantian suku cadang lain seperti suspensi.

Wong menyarankan sebelum mengganti pelek dan ban ada baiknya pemilik menanyakan ketentuan di bengkel resmi. Namun bila ingin belajar mencari hitung-hitungan yang pas agar diameter pelek dan ban tetap sama bisa menggunakan kalkulator ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.