Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up 2015

Ini Trik Ganti Pelek Tanpa Ganggu "Speedometer" dan "Odometer"

Kompas.com - 06/07/2015, 10:24 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain dapat menggugurkan salah satu bagian garansi kendaraan, mengganti spesifikasi pelek di luar standar bisa mengganggu hitungan speedometer dan odometer. Pemenang Avanza Pop You Up 2014, Wong Tjwen Hwie, mengungkap tips mengatasi hal itu saat ajang unjuk personalisasi pemilik mobil sejuta umat itu digelar di Bandung akhir pekan lalu.

Personalisasi tanpa menghilangkan garansi memang menjadi salah satu tema yang digaungkan Avanza Pop You Up. Wong mengatakan, sudah mengantisipasi hal tersebut sebelum mengganti pelek dan ban Avanza tipe G miliknya.

Ukuran pelek standar mobil Wong 14 inci dengan ukuran ban 185/70, lantas ia menggantinya dengan pelek 17 inci plus ban 205/45. Spesifikasi “sepatu” baru itu sekadar gaya tapi juga telah dihitung agar diameter keseluruhan (pelek dan ban) tetap sama seperti ukuran lama.

“Jadi keseluruhan diameter tidak berubah, tidak bikin kacau speedometer sama odometer,” kata Wong.

Menurutnya perubahan seperti ini lebih baik sebab alat pengukur kecepatan dan jarak tidak terganggu. Cara ini cenderung aman karena tidak terlalu mengganggu kenyamanan berkendara, selain itu tak perlu ada penggantian suku cadang lain seperti suspensi.

Wong menyarankan sebelum mengganti pelek dan ban ada baiknya pemilik menanyakan ketentuan di bengkel resmi. Namun bila ingin belajar mencari hitung-hitungan yang pas agar diameter pelek dan ban tetap sama bisa menggunakan kalkulator ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com