Mobil Masa Depan, dari Sopir Hingga Asuransinya Benar-benar Canggih!

Kompas.com - 03/07/2015, 04:07 WIB
Di masa depan, bukan robot sungguhan yang akan mengendarai mobil menggantikan manusia seperti di film-film. Menurut prediksi, mobil akan secara otomatis dapat mengendalikan dirinya sendiri. Adhis AnggianyDi masa depan, bukan robot sungguhan yang akan mengendarai mobil menggantikan manusia seperti di film-film. Menurut prediksi, mobil akan secara otomatis dapat mengendalikan dirinya sendiri.
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Apa yang Anda pikirkan mengenai kendaraan puluhan tahun mendatang? Badan jalan di masa depan mungkin akan diisi oleh kendaraan-kendaraan canggih berteknologi.

Salah satu kendaraan yang dinilai akan mengalami banyak perubahan adalah mobil. Karena alasan keamanan, perubahannya mengacu pada tenaga pengemudi yang akan segera digantikan oleh mesin-mesin otomatis.

Boleh jadi, setidaknya 10 tahun mendatang, mobil-mobil berteknologi tinggi atau biasa disebut mobil pintar (smart car) akan hadir di depan mata Anda. Disarikan dari beberapa sumber, ada banyak hal yang dinilai sebagai inovasi pada mobil-mobil canggih tersebut di masa depan. Simak berikut ini:

Dapat menganalisis pengemudinya

Di Era “big data”, mobil konvensional akan diubah menjadi mobil pintar. Dengan perkembangan ini, mobil dapat mempelajari karakter orang-orang yang biasa berada di belakang kemudi. Pengaruhnya, mobil pintar ini dapat membaca ke mana Anda ingin pergi bahkan sebelum Anda memasuki mobil.

Selain dapat mempelajari dan menganalisa rutinitas penggunaan mobil, mobil mampu membaca selera dan suasana hati pengemudi melalui sensor. Dengan begitu, mobil tak hanya mempelajari kebiasaan pengemudinya tapi juga badan jalan yang dilaluinya. Ia dapat melacak lalu lintas secara real-time dan dapat memberi saran menuju jalan-jalan alternatif untuk menghemat waktu.

Namun, meskipun canggih, banyak orang masih khawatir dengan keberadaan mobil ini di masa depan. Semua data yang direkam mobil akan membahayakan privasi Anda saat mobil harus pindah tangan atau dijual.

Saling terhubung

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masih mengacu pada perkembangan teknologi, mobil masa depan diperkirakan dapat terhubung, selayaknya barang digital. Saat berada di jalan, mobil-mobil ini dapat berkomunikasi satu sama lain, saling bertukar informasi mengenai macet, rambu lalu lintas, dan mengingatkan bila ada mobil yang kecepatannya jauh di atas rata-rata. Kemudian, teknologi ini dikenal sebagai teknologi V2V.

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), sebuah badan yang peduli akan pencapaian standar tertinggi dan keunggulan pada kendaraan serta keselamatan jalan raya, telah mengumumkan bahwa sistem itu diperkirakan dapat diterapkan pada awal 2017 dan menjadi standar kendaraan.

SHUTTERSTOCK Suatu saat nanti, mobil bisa berkomunikasi satu sama lain. Informasi lalu lintas pun bisa didapatkan secara real time dam mudah.

Kesehatan Pengemudi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.