Mobil Baru Proton Berbasis Suzuki Celerio

Kompas.com - 30/06/2015, 15:55 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Informasi yang beredar tentang mobil kompak terbaru Proton hasil kolaborasi dengan Suzuki memang masih sedikit, tapi rumor dan spekulasi sudah mulai beterbaran di internet. Sepertinya rasa penasaran buat model segmen A itu memancing aksi Theophilus Chin, ahli rendering asal Malaysia ini menciptakan terkaan model yang menarik untuk disimak.

Chin mengatakan basis model kompak baru Proton bukanlah Karimun Wagon R seperti terlihat di rendering sebelumnya, melainkan Celerio yang baru saja meluncur di Indonesia pada awal Juni ini.

Chin mengubah penampilan asli Celerio hingga mengadopsi bahasa desain Proton termasuk memasang lambang bergambar Harimau yang khas di gril depan. Sepertinya model ini bukan hanya rebadge Celerio, ada sedikit ubahan pada bemper depan, pelek, tambahan skid plate, dan fender hitam seperti gaya SUV. Model baru ini disebut Proton Aria.

Paultan.org Interior Proton Aria mirip Suzuki Celerio.

Bukan cuma eksterior, Chin juga menebak rupa interior. Sebagian besar mirip Celerio, tapi terlihat perbedaan di instrument cluster, kemudi, serta material pelapis.

Indonesia dan Thailand boleh jadi sedang berebut menjadi basis produksi mobil di Asia Tenggara, namun meski lambat Malaysia terus memperkuat posisinya sebagai satu-satunya negara di regional yang punya merek nasional, Proton.

Pada pertengahan Juni ini nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian lisensi antara Suzuki Motor Corporation dan DRB-Hicom sebagai pemilik Proton Holdings Bhd, telah ditandatangani. Salah satu isi kesepakatan itu Proton bisa mengakses teknologi otomotif Suzuki untuk menciptakan mobil baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.