Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proton Gandeng Suzuki untuk Ciptakan Mobil Baru

Kompas.com - 17/06/2015, 12:10 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Di saat Indonesia dan Thailand terus berlomba menjadi basis produksi otomotif, Malaysia coba memperkuat posisi sebagai negara di Asia Tenggara yang punya mobil produksi sendiri. Di era 1990-an, saat pengembangan awal, Proton meminta teknologi Mitsubishi, tapi kini merek mobnas Malaysia itu menggandeng mitra baru asal Jepang lainnya, Suzuki.

Nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian lisensi antara Suzuki Motor Corporation dan DRB-Hicom sebagai pemilik Proton Holdings Bhd, telah ditandatangani pada Senin (15/6/2015). Kesepakatan ini membuka peluang Proton melahirkan kendaraan baru.

Keuntungan terbesar buat Proton, bisa mengakses teknologi otomotif seperti platform, sistem gerak, dan pengembangan model-model milik Suzuki. Sedangkan Suzuki bertugas menyediakan bantuan teknis untuk produk yang dipilih dan menawarkan pandangan.

“Proton sangat tertarik mengadopsi teknologi dari manufaktur lain. Ini adalah salah satu usaha kami untuk memajukan performa Proton,” ucap Chariman Proton, Mahathir Mohamad.

Mahathir mengatakan Proton ingin memproduksi mobil dengan mesin lebih kecil dari yang sudah dipasarkan sekarang untuk menambah diferensiasi segmen. Bekerja sama dengan Suzuki bisa membantu produk baru Proton menyesuaikan regulasi dan keinginan pasar, selain itu biaya pengembangan juga bisa dipangkas.

“Sebagai bagian dari National Automotive Policy (NAP) kami menyarankan bahwa bagus untuk Proton mengidentifikasikan strategi dengan partner asing. Adalah keinginan saya bahwa Suzuki menjadi partner yang bisa mendorong Proton lebih tinggi,” tambah Mahatir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com