“Crossover” Baru Hyundai Lahir di India

Kompas.com - 30/06/2015, 13:12 WIB
Hyundai Creta lahir di India. WorldcarfansHyundai Creta lahir di India.
|
EditorAzwar Ferdian

Chennai, KompasOtomotif - Hyundai Motor India Ltd (HMIL) telah memperkenalkan model baru, crossover kompak bernama Creta, akhir pekan lalu. Model yang mengisi kelas di bawah Tucson ini akan diproduksi lokal di kawasan industri Chennai dan mulai dipasarkan domestik pada 21 Juli mendatang.

Dalam keterangan resminya, Managing Director & CEO HMIL BS Seo mengatakan, Creta adalah produk revolusioner dalam portfolio Hyundai. Kendati diproduksi di India, Creta berstatus model global. Creta di India hampir identik dengan Hyundai ix25 yang telah dipasarkan di China sejak tahun lalu.

Worldcarfans Tampilan belakang Hyundai Creta.


Desain Creta didasasari struktur bodi “sarang lebah” (Hive) yang menawarkan kemampuan tangguh didukung bobot enteng, Gril radiator hexagonal mencerminkan salah satu anggota keluarga Hyundai dan semakin terlihat modern sebab lampu depan terintegrasi daytime running lights.

Di India tersedia dua pilihan mesin diesel turbocharged, yaitu 1.4L dan 1.6L, serta satu pilihan mesin bensin 1.6L. Konsumen bisa memilih transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 6-percepatan yang tersedia di semua jenis mesin. Creta memiliki sistem gerak roda depan.

Segmen crossover kompak memang sedang naik daun di seluruh dunia. Hyundai Creta akan menjadi pesaing Honda HR-V, Nissan Juke, Ford EcoSport, dan Mazda CX-3.

India jadi negara pertama yang memasarkan Creta, setelah itu model yang sama dengan spesifikasi khusus Eropa akan diperkenalkan di Frankfurt Motor Show pada September 2015. Belum ada keterangan kapan Creta akan dijual di pasar lainnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X