Ini Proses Mudah Perpanjang SIM A dan C

Kompas.com - 16/06/2015, 08:00 WIB
Proses perpanjang SIM layanan keliling StanlyProses perpanjang SIM layanan keliling
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Sebelumnya sudah dibahas persyaratan perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) di layanan SIM Keliling. Kali ini KompasOtomotif akan membahas proses perpanjangan SIM di layanan yang bisa ditemui di beberapa lokasi di Jakarta tersebut.

Calon pemohon perpanjangan SIM bisa mendatangi kendaraan layanan SIM keliling terdekat dengan domisili tempat tinggal. Lalu mengantre formulir permohonan SIM. Pada formulir ini, peserta wajib mengisi beberapa informasi, mulai dari bio data lengkap dengan tanda tangan.

Setelah diisi, tinggal menyerahkannya lagi ke petugas dilengkapi dengan lampiran SIM lama, fotocopi SIM, dan KTP. Selebihnya hanya tinggal menunggu giliran untuk dipanggil melakukan proses selanjutnya.

Petugas akan memanggil satu per satu untuk melakukan beberapa proses, seperti foto, penyamaan informasi dari formulir, pindai ibu jari, juga tanda tangan.Semua proses ini dilakukan di dalam kendaraan layanan SIM keliling.

Stanly Formulir perpanjangan SIM keliling
Harga perpanjangan di SIM Keliling untuk SIM mobil (A) dan sepeda motor (C) hanya selesih Rp 5.000. Hal ini pun kembali diterangkan oleh Iyan, petugas pembagian formulir di SIM keliling wilayah Jakarta-Timur.

"Untuk perpanjang SIM A itu Rp 140.000, kalau SIM C Rp 135.000. Semua harganya sama, tapi kita tidak bisa jamin cepat atau tidaknya karena tergantung lagi ramai atau tidak. Paling lama prosesnya satu jam," ucapnya.

Bagi Anda yang mau memperpanjang masa berlaku SIM, datang ke lokasi sebelum waktu mulai beroperasi, yakni pukul 08.00 WIB. Dengan datang lebih cepat, maka proses memperpanjang SIM akan lebih cepat juga selesai.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X