Ini "Rahasia-rahasia" di Sedan Sport Daihatsu

Kompas.com - 30/05/2015, 08:21 WIB
EditorAzwar Ferdian
Ubud, KompasOtomotif - Berstatus sebagai sedan sport kupe convertible, tentunya Daihatsu Copen tidak bisa disetarakan dengan mobil pada umumnya. Maklum saja sebab kapasitas kargo kabin dan ruang bagasi terbatas karena dimensi yang memang kecil.

Ruang bagasi belakang saja terbagi dua bagian, bagian paling luar untuk menaruh barang kecil seperti tas, dan bagian dalam adalah kompartemen khusus bila ingin melipat atap. Dalam kondisi atap tertutup, bagasi memang cukup luas. Tapi bila atap dibuka, maka bagasi belakang jadi lebih terbatas.

"Karena atap ditutup dan disimpan di bagasi belakang, maka otomatis akan mengorbankan bagasi belakang. Tinggal disesuaikan saja, bila bawa barang banyak atap jangan dibuka," jelas Ahmad Syaufi, Head Technical Service Division PT ADM menjawab pertanyaan KompasOtomotif, saat media test drive Copen di Bali, Kamis (28/5/2015).

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Piranti untuk ban Daihatsu Copen
"Pengorbanan" lainnya akibat terbatasnya ruang kargo adalah tidak tersedianya ban cadangan pada Copen. Padahal, mobil mungil CBU (Completely Built-up) dari Jepang ini tidak menggunakan ban run flat tyre (RFT) yang bisa tetap melaju bila tekanan angin dalam ban berkurang.

"Kami sediakan piranti khusus yang bisa digunakan bila tekanan angin berkurang atau ban mengalami kebocoran. Piranti ini berupa cairan pelapis yang tinggal dimasukan melalui pentil, lalu kompresor elektrik yang bisa langsung dicolokkan di soket konsol tengah dasbor untuk menambah angin. Idealnya ini bisa menahan sampai kita menemukan bengkel terdekat untuk menambal ban," jelas Munandar, Teknisi ADM spesialis Copen kepada KompasOtomotif.

Buka kap mesin dan tutup tangki bensin

Selain itu yang kadang menjadi masalah saat mengendarai mobil "tidak biasa" adalah saat ingin membuka kap mesin dan tutup tangki bensin. Tuas pembuka kap mesin tidak tersedia di bawah kaki pengemudi, melainkan di kompartemen utama di dasbor yang ada tepat di depan kursi penumpang. Buka laci dasibor, langsung bisa dilihat tuas panjang dan cukup ditarik untuk membua kap mesin.

Sementara untuk tutup tangki bensin, ada di kompartemen di konsol tengah antara kursi pengemudi dan penumpang. Juga berupa tuas yang cukup ditarik saat ingin mengisi bahan bakar. Kompartemen tengah ini bisa dikunci untuk keamanan saat parkir dengan atap terbuka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.