Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Indonesia Luncurkan Skuter X-MAX di PRJ?

Kompas.com - 21/05/2015, 07:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Meski tetap mengatakan tidak mengejar volume penjualan, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tetap saja terus melengkapi jajaran model CBU (Completely Built Up). Setelah “penggaruk tanah” WR250 masuk mengisi daftar CBU menggantikan cruiser V-MAX, YIMM menyatakan siap menambah dua model baru.

Jadwal peluncuran telah ditetapkan, di salah satu hari pada penyelenggaraan pesta rakyat Ibu Kota, Pekan Raya Jakarta (29 Mei 2015 – 5 Juli 2015). Asisten GM Pemasaran YIMM M.Masykur mengungkap salah satu model adalah moge bermesin 3-silinder dengan kubikasi 847 cc, MT-09.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Yamaha MT-09 mejeng di IMoS 2014, JCC, Senayan.

Meluncurkan MT-09 memang sudah diduga pasalnya MT-09 sudah pernah diperkenalkan di ImoS (Indonesia Motorcycle Show) tahun lalu. Spesifikasi lengkap sudah bisa dipantau di situs resmi Yamaha Indonesia.

Namun yang akan menjadi kejutan, satu model CBU yang lain dikatakan belum punya tandingan di Indonesia. “Satu model lagi di bawah 250 cc dan bukan sport. Modelnya sudah ada di Eropa,” katanya kepada KompasOtomotif, Kamis (21/5/2015).

Tak ada penjelasan lebih lanjut, Masykur sepertinya masih belum rela melepas informasi lebih detail. Dia hanya menegaskan dengan model itu YIMM akan membuka pasar baru.

X-MAX 125?

Setelah ditelaah lebih dalam, informasi ini bisa jadi merujuk pada skutik X-MAX. Model maxi-scooter atau skuter touring ini pernah terjepret kamera sedang diuji di Indonesia. Di Eropa X-MAX ditawarkan tiga tipe 125, 250, dan 400.

Bila disesuaikan dengan pernyataan Masykur bisa jadi model yang dimaksud adalah X-MAX 125. Model ini menggunakan mesin SOHC 124 cc berpendingin cair bertenaga 14,14 tk dan torsi 11,94 Nm.

Bila benar, maka ketika dijual di pasaran posisinya berada di bawah skuter CBU 530 cc T-MAX yang sudah dijual di Indonesia dengan harga Rp 220 juta. Selain itu X-MAX 125 akan mengisi kelas tepat di atas N-MAX 155 cc buatan lokal yang sudah diluncurkan pada Februari lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com