Peugeot-Citroen Siapkan Mobil Listrik Baru

Kompas.com - 04/05/2015, 11:45 WIB
Peugeot iOn, saudara kembar Mitsubishi i-MiEV. www.automobilesreview.comPeugeot iOn, saudara kembar Mitsubishi i-MiEV.
|
EditorAris F. Harvenda
Rennes, KompasOtomotif - PSA Peugeot-Citroen memastikan akan membuat mobil berteknologi listrik murni dengan kelebihan baru. Model ini diklaim bakal lebih murah dan menawarkan daya jelajah lebih panjang, ketimbang yang ada saat ini. Carlos Tavares, CEO PSA mengatakan tengah menyiapkan model lain berteknologi hibrida plug in, sebagai produk debutan di segmen ini.

Mobil listrik baru ini baru akan diluncurkan 2020, jelas Tavares. "Mereka akan menawarkan kemampuan lebih baik, jarak tempuh, dan banderol lebih murah bagi konsumen," beber Tavares dilansir Automotive News Europe (3/5/2015).

Pertumbuhan penjualan mobil listrik dan hibrida plug in, menunjukan tren positif di Eropa. Alasan ini membuat para prinsipal otomotif setempat mengembangkan mobil baru, sekaligus memenuhi standar emisi karbondioksida (CO2) yang ketat di Eropa. Sementara, andalan PSA di pasar, seperti Peugeot iOn atau Citreon C-Zero, masih belum ikut menikmati lonjakan penjualan.

Kedua model ini hanya mampu terjual 1.300 unit tahun lalu. Lagi pula, mobil ini merupakan pengembangan dari pesanan Mitsubishi i-MiEV.

Mobil listrik baru akan dikembangkan menggunakan platofrm EMP1, menyasar ke model lebih besar, masuk ke segmen B atau C. "PSA akan menciptakan mobil listrik murni dari dasar pasar ke atas, berdasarkan platform baru pada akhir dekade ini," jelas juru bicara perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.