Jantung Pacu Nissan GT-R Mengecil

Kompas.com - 03/05/2015, 10:35 WIB
Nissan GT Academy, telah resmi digelar di Asia termasuk di Indonesia Febri Ardani Saragih/KompasOtomotifNissan GT Academy, telah resmi digelar di Asia termasuk di Indonesia
|
EditorAris F. Harvenda

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah terungkap kabar generasi penerus GT-R menjadi “spesies” hibrida dari Nissan Chief Creative Officer Shiro Nakamura, kini informasi baru datang dari Ben Bowlby. Bos kampanye mobil khusus balapan Le Mans LMP1, yang mengatakan mobil sport pesaing supercar itu bakal menggunakan mesin lebih kecil.

Pengganti mesin V6 3.8 Twin Turbo milik GT-R yang sekarang masih beredar adalah mesin baru V6 3.0L yang dikembangkan di tubuh GT-R LM Nismo untuk balapan Le Mans. “(Mesin ini) Benar-benar awalan atas apa yang akan terjadi di masa depan mesin GT-R,” ujar Bowlby, seperti dilansir Car Advice, Minggu (3/5/2015).

Menurut Bowlby, teknologi pembakaran dalam injeksi langsung dan integrasi turbo, sistem intake, serta kepala piston, sangat menarik dan berpeluang besar untuk mobil penumpang.

Leftlanenews Nissan GT-R LM NISMO yang bakal tampil di Le Mans 2015

Di GT-R LM Nismo, mesin V6 3.0 menghasilkan tenaga 550 tk ke kedua roda depan. Sedangkan di kedua roda belakang bergerak dari tenaga motor listrik dengan kemampuan regenerasi energi hingga punya tenaga total 749 tk. Menarik bila sistem ini digunakan di GT-R untuk dipakai di jalanan.

Kapasitas mesin baru memang lebih kecil tapi tenaganya lebih besar. Bowlby juga mengklaim konsumsi bahan bakar mesin baru seperti mesin lama.

Carscoops Nissan Vision Gran Turismo.

Hingga saat ini Nissan mengatakan All-New GT-R akan lahir sebelum 2018. Selain mengadopsi desain balapan Le Mans, GT-R terbaru juga terinspirasi mobil konsep Nissan Vision Gran Turismo 2020.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X