Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duet BMW-Alpinestars Kembangkan Jaket ”Airbag”

Kompas.com - 29/04/2015, 11:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Munich, KompasOtomotif – BMW melakukan kerjasama dengan Alpinestars untuk mengembangkan jaket yang dilengkapi dengan kantung udara. Jaket baru untuk biker itu akan tersedia untuk model pria dan wanita, dan ditargetkan meluncur tahun ini.

Ini bukanlah contoh pertama produsen sepeda motor dan perusahaan apparel saling bekerjasama mengembangkan jaket yang dilengkapi kantung udara. Beberapa produsen sudah melakukannya lebih dulu.

Dainese misalnya, sudah mengikat kerjasama dengan Ducati dalam pengembangan D-Air yang dipaketkan bersama pembelian Multistrada. Merek apparel dari Italia itu juga mengikat Peugeot untuk jaket khusus pembeli skuter Metropolis.

Jika Dainese D-Air menggunakan sensor yang diletakkan pada sepeda motor, sementara sensor Alpinestars Tech-Air ada di jaket itu sendiri. Artinya, bisa digunakan untuk sepeda motor apa saja tanpa harus mengoneksikan terlebih dahulu.

Sensor akan mendeteksi saat pengendara akan terlibat kecelakaan. Kantung udara akan mengembang pada beberapa bagian untuk mengurangi risiko cedera.

Berdasarkan keterangan awal Alpinestars, Tech-Air bisa mendeteksi kondisi sebelum tabrakan dalam 30-60 milidetik, lalu mengembang secara penuh dalam 25 milidetik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com