Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Multistrada D-Air, Terintegrasi dengan Jaket ”Airbag”

Kompas.com - 24/03/2014, 10:48 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bologna, KompasOtomotif – Akhir pekan lalu (22/2/2013), Ducati mengumumkan pengembangan baru sistem keamanan sepeda motor. Produsen asal Italia ini merilis Multistrada D-Air, sepeda motor pertama yang terintegrasi secara nirkabel dengan jaket berkantung udara dari Dainese. Inilah yang diklaim sebagai langkah baru dalam dunia sepeda motor soal perangkat keselamatan pengendara.

Sistem ini menggunakan sensor-sensor elektonik, yang secara konstan menerima data pergerakan sepeda motor, yang dilihat dari ABS dan kontrol traksi. Jika terdapat pergerakan yang tak semestinya alias kecelakaan, data telemetri itu akan memicu airbag dalam jaket mengembang—baik jaket pengendara dan pembonceng—hanya dalam 45 milidetik. Tentu, ini akan meminimalisir cedera.

Ducati Emblem sticker khusus bertuliskan D Air di bagian samping sepeda motor.

Ducati mengembangkan teknologi ini bersama Dainese sejak lama. D-Air akhirnya mendahului BMW Motorrad yang sudah pernah mengumumkan pengembangan teknologi ini dalam EICMA tahun lalu, namun sampai sekarang belum juga diproduksi.

Sepeda motor jenis adventure dengan paket keamanan khusus ini akan mulai dijual di Eropa 15 April mendatang. Jika sukses, tak menutup kemungkinan kawasan lain akan dikirim model yang sama. Soal harga, Ducati belum mempublikasikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com