Ekspedisi Alam Liar

Kendali All-New Navara Hanya dengan Satu Jari

Kompas.com - 06/04/2015, 09:00 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Dompu, KompasOtomotif – Pikap kabin ganda terbaru Nissan All-New Navara sekilas memang terlihat tangguh untuk medan off-road, tapi rancangan generasi ke-12 ini juga dilengkapi fitur canggih untuk on-road, yaitu cruise control. Fitur ini tergolong unik di kelasnya, fungsinya membuat pengemudi bisa mengendalikan laju hanya dengan satu jari.

Cruise control jadi bonus buat pemilik All-New Navara,” ujar Budi Nur Mukmin General Manager Marketing Strategy and Communication Division Nissan Motor Indonesia mengomentari pertanyaan mengapa perlu ada fitur ini di Navara.

Fitur ini berfungsi menjaga kecepatan Navara tetap konstan tanpa perlu bantuan kaki mengatur pedal gas. KompasOtomotif mencobanya dalam perjalanan dari Pelabuhan Pototano menuju Dompu di Nusa Tenggara Barat, Kamis (19/3/2015). Menjajal cruise control paling tepat saat kondisi jalan lurus dan sepi aktifitas lalu lintas.

Febri Ardani Pengatur fitur "cruise control" ada di sebelah kanan pengemudi.

Mudah

Tombol pengatur cruise control terletak di kemudi sebelah kanan. Terdiri dari dua tombol utama, “Main (on/off)”dan “Cancel”, serta tuas yang bisa digeser ke atas (Accelerate/Resume) dan ke bawah (Coast/Set).

Caranya menggunakannya sangat mudah, dengan syarat cruise control hanya bisa aktif di atas 40 kpj. Dimulai dari menekan tombol Main di posisi on, indikator berwarna hijau di instrument cluster akan menyala. Injak pedal gas hingga mencapai kecepatan yang diinginkan, lalu tuas digeser ke bawah (Coast/Set). Kaki bisa dilepas dari pedal gas dan kecepatan All-New Navara bakal bertahan.

Saat ingin mendahului kendaraan lain atau berakselerasi lebih cepat, kaki hanya perlu menekan pedal gas. Bila pedal gas dilepas maka kecepatan konstan kembali ke semula. Ada cara lain mengendalikan kecepatan tanpa menekan pedal gas, hanya perlu satu jempol.

Saat cruise control aktif, geser tuas sekali ke atas (Accelerate/Resume) untuk menambah kecepatan dan sekali ke bawah (Coast/Set) bila ingin lebih lambat. Sekali menggeser tuas berarti kecepatan berubah 1 kpj.

Naik Turun

Saat kondisi menanjak dan menurun, cruise control berusaha mempertahankan kecepatan. Meski begitu dari hasil pengamatan KompasOtomotif, kecepatan berubah saat menanjak atau menurun tapi kembali saat jalan mulai datar.

Semua kerja fitur Cruise control  bakal mati ketika pedal rem ditekan, tombol cancel ditekan, atau tombol Main di posisi “off”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.