Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana yang Lebih Lengkap dan Canggih, Honda PCX atau Yamaha NMAX?

Kompas.com - 27/03/2015, 15:45 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Ketenangan Honda All-New PCX sontak terusik saat Yamaha melahirkan NMAX. Keduanya bertarung di segmen yang sama, skuter premium "berpantat lebar". Tentu masing-masing punya ciri khas dan keunggulan.

KompasOtomotif akan mulai mengupas detail perbandingan keduanya, terutama di sisi fitur dan performa, bahkan dari sisi konsumsi bahan bakar. Paling menarik di segmen ini adalah fitur. Jika melihat banderol NMAX Rp 27,4 juta dan Honda PCX Rp 39,8 juta, sudah selayaknya konsumen mendapat bonus berupa fitur menarik.

Tak hanya fitur canggih, kelengkapan dan utilitas juga menjadi kunci keduanya merebut hati konsumen, yang mayoritas adalah pria mapan. Berikut detail pembahasannya:

1. Mengusung bodi yang "bongsor", sudah seharusnya PCX dan NMX menyediakan bagasi lebih besar. Dari data teknis keduanya, PCX menyediakan ruang penyimpanan 25 liter. Helm full-face bisa masuk dan masih ada sisa. Sementara itu, NMAX menyediakan ruang 23 liter. Uniknya, helm besar saat diletakkan harus dibalik karena kontur bagian bawah terdapat bagian yang menggelembung. Sama seperti PCX, masih ada sisa ruang untuk meletakkan jaket hujan atau barang lainnya.

KompasOtomotif-donny apriliananda Sebagian detail Yamaha NMAX.

2. Buka tutup jok PCX dan NMAX ada di lubang kunci kontak meski pengoperasiannya sedikit berbeda. Dua-duanya mempunyai bukaan jok yang bisa tertahan meski tak terangkat penuh.

3. Membuka tangki bensin yang ada di bagian konsol tengah, PCX menggunakan tombol di kunci kontak, sementara NMAX harus membuka pakai kunci.

4. PCX dilengkapi power outlet di bawah setang, maksimal 12W dengan output 12 V-1A. Di sekitarnya, ada boks untuk meletakkan gadget. Sementara itu, NMAX tidak dilengkapi dengan fitur ini.

KompasOtomotif-Febri Ardani Saragih Honda PCX 150 dilengkapi berbagai fitur unggulan.

5. PCX punya Answer Back System, sistem yang akan menyalakan lampu sein dan mengeluarkan bunyi saat remote dipencet saat pemilik mencarinya di parkiran. Lampu hazard juga ada pada andalan Honda ini.

6. Idling stop dan ACG starter masih menjadi andalan Honda untuk PCX 150 terbaru.

7. Yamaha NMAX dilengkapi dengan ABS untuk membantu pengereman yang aman, sementara Honda mengandalkan Triple Pot Hydraulic Combined Brake.

Membandingkan fitur dan kelengkapan dengan harga keduanya, mana yang paling value for money? Konsumen yang akan menjawabnya karena kebutuhan masing-masing berbeda.

Pembahasan Lainnya, Baca:
Menilik Perbedaan Yamaha NMAX dan Honda PCX
Perbandingan Tampang Honda PCX dan Yamaha NMAX

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com