Ford Comuta "Kakeknya" Mobil Listrik

Kompas.com - 17/02/2015, 14:00 WIB
Ford Comuta, konsep mobil listrik tertua milik Ford, pernah diperkenalkan pada 1967. Ford/CarscoopFord Comuta, konsep mobil listrik tertua milik Ford, pernah diperkenalkan pada 1967.
|
EditorAzwar Ferdian

Dearborn, KompasOtomotif - Gema mobil bertenaga listrik murni sepertinya baru membahana dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi, Nissan mulai menjual mobil listrik Leaf secara massal pertama di dunia atau karena Tesla semakin "happening" di kalangan aktor dan aktris Hollywood, jadi semakin diperhatikan dunia.

Sebenarnya, teknologi mobil listrik itu sudah ada dari era 1960an, tapi perkembangannya tidak mendapat respons bagus oleh masyarakat. Buktinya, Ford pernah memperkenalkan Comuta, mobil kompak dua penumpang berteknologi listrik murni pada 1967.

Mobil ini merupakan prototipe, dibekali empat baterai bertegangan 12 volt, mampu menggerakkan Comuta sejauh 60 km dengan rata-rata kecepatan 40 kpj sekali pakai. Bisa juga diajak ngebut sampai 60 kpj.

Meskipun masih berupa konsep, namun keberadaan Comuta merupakan bukti otentik kalau teknologi mobil listrik bukan barang baru. Kini, sejumlah pabrikan otomotif masih berupaya menjadikan teknologi itu terbukti dan bisa diandalkan.

Uniknya, ada kutipan Leonard Crossland, Direktur Pelaksana Ford pada waktu itu mengatakan, "Kami harap mobil listrik bisa bisa mulai layak secara komersial dalam 10 tahun ke depan, meskipun kami percaya jenis kendaraan in akan digunakan terutama untuk mobil pengantar di dalam kota atau mobil belanja di pedesaan."

Crossland melanjutkan, "Mesin pembakaran internal (konvensional) akan masih menjadi yang utama untuk perjalanan jarak jauh dan penggerak industri otomotif, tapi kami juga yakin kalau mobil listrik punya peran menemukan masa depan transportasi manusia nantinya."

Setelah 10 tahun perkenalan Comuta, seperti diketahui, tidak ada perkembangan apa-apa soal mobil listrik. Namun, kini, hampir semua pabrikan berlomba-lomba menyiapkan mobil listrik untuk dijual ke pasar.

Sebagai ikon sejarah perkembangan industri otomotif dunia, dua unit Ford Comuta saat ini masih tersimpan dengan apik di Museum Ilmu Pengetahuan London, di Inggris.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X