Advertorial

Honda Poles Pebalap Binaan Hingga MotoGP

Kompas.com - 03/02/2015, 10:13 WIB
- -
Penulis advertorial
|
Editoradvertorial

Nusa Dua, KompasOtomotif – Astra Honda Motor (AHM) makin serius menyiapkan pembinaan pebalap muda yang berpotensi menjadi duta Indonesia di kancah olahraga balap dunia. Komitmen ini ditunjukan dengan mempertajam dan mempercepat kompetensi pembinaan melalui beragam kegiatan terstruktur di setiap level.

Mulai tahun ini, AHM menerapkan pembinaan balap berkonsep piramida dengan skema baru. Penyempurnaan ini berisi berbagai perubahan aktifitas termasuk penggantian kelas yang dilombakan. Secara garis besar AHM mengatakan fokus pembinaan kini ditujukan untuk kelas bebek 125cc dan motor sport 150cc sebagai persiapan kompetisi berbasis sepeda motor sport.

Pembinaan dimulai dari level bawah lalu menajam seiring perkembangan prestasi di level yang lebih tinggi. Dengan begitu pebalap bisa belajar berkompetisi dan punya jenjang prestasi dengan kultur balap yang tepat.

“Kami akan berusaha memperlebar usaha untuk mendapatkan rider muda berbakat agar talenta yang mereka miliki bisa kita bawa ke level internasional. Satu orang pun yang paling bertalenta akan kami bawa,” kata Presdir AHM Toshiyuki Inuma saat konferensi pers, di Bali, Minggu (1/2/2015).

Di dasar konsep piramida, pembinaan paling awal dilakukan di Honda Racing School (HRS). HRS menyeleksi pebalap berusia di bawah 18 tahun dari berbagai aktivitas balap di daerah, sebanyak 20 pebalap akan direkrut menjadi siswa balap. Tidak hanya membina penunggang sepeda motor, AHM juga menerapkan pelatihan buat para mekanik balap yang disebut Honda Technical Racing Training.

Setelah melatih pebalap dan mekanik, AHM menyiapkan ajang tanding domestik Honda Racing Championship (HRC), Motorprix, Indospeed Race Series (IRS), serta berbagai kompetisi nasional dan internasional. Fokus utama AHM di kelas bebek 125cc dan motor sport 150cc akan diterapkan di HRC 2015 yang akan digelar di delapan kota, yaitu Cimahi, Malang, Solo, Medan, Pekanbaru, Sidrap, Banjarbaru, dan DKI Jakarta.

Level lebih tinggi

Pebalap binaan yang berprestasi di HRC akan ditantang mengikuti kompetisi lebih tinggi di IRS 2015, yaitu One Make Race (OMR 150 (23 starter), Open Class 150cc , dan OMR 250 (23 starter) yang akan digelar di Sentul International Circuit dalam ajang IRS 2015. Kedua OMR di IRS menjadi seleksi pebalap muda berusia di bawah 20 tahun agar dapat mengikuti balap internasional Asia Dream Cup.

Pebalap didikan juga bakal diuji di kompetisi nasional Motoprix dan Kejurnas 600cc.‎ AHM juga mengatakan konsentrasi lebih ditujukan untuk Motorprix, jumlah pebalap meningkat sebab tim balap yang diturutsertakan meningkat dua kali lipat menjadi 30 pada tahun ini. Terdiri dari 16 tim asal Jawa, enam tim Sumatra, lima tim Sulawesi, dua tim Kalimantan, dan satu tim Bali‎.

Di Kejuaraan Nasional, AHM melalui Astra Honda Racing Team untuk pertama kalinya turun langsung di kelas sport 600cc menggunakan Honda CBR600RR. Bukan cuma itu, AHM juga mendukung dua tim balap lainnya, yaitu Honda Wahana Dunia Motor Team dan Astra Motor Racing Team.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X