Sederet Perbedaan All-New Honda Vario

Kompas.com - 15/01/2015, 10:02 WIB
Honda All-New Vario 150 eSP, mengusung desain yang lebih berkarakter. KompasOtomotif-Donny AprilianandaHonda All-New Vario 150 eSP, mengusung desain yang lebih berkarakter.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – All-New Honda Vario 150 dan 125 yang diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM), Rabu (14/1/2014), di Senayan City, Jakarta Selatan, mengusung karakteristik yang berbeda dengan pendahulunya. Sepintas tampak sama, namun sebenarnya ada banyak perbedaan yang bisa dipilah secara kasat mata.

Dari desain, ciri khas paling menonjol adalah penggunaan LED di depan yang dibalut desain ”dua mata”. Masing-masing sisi terintegrasi dengan lampu sein dengan sudut tajam. Lekuk tubuh mirip dengan model lama, hanya ada beberapa garis yang sedikit berbeda.

Desain lampu belakang lebih tegas dan berkarater, dipadu emblem tiga dimensi pada bodi membuat sepeda motor ini berkesan mewah tanpa stripping. Lebih teliti, desain knalpot dan penutup radiator lebih sporty. Panel meter semakin futuristik, meski ”isinya” sama dengan model lama.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Lampu dua keen eyes dengan karakter tajam menjadi ciri khas baru yang paling signifikan.

Mesin

Beda paling mendasar tentu dilihat dari mesin. Teknologi eSP generasi baru diklaim menghasilkan performa tinggi. Kapasitas silinder 149,4cc itu bisa diajak lari 200 m dalam waktu 11,9 detik, sementara kecepatan maksimum mencapai 102 kpj.

Teknologi eSP bertugas mengurangi gesekan pada mesin, alhasil konsumsi bahan bakar diklaim mencapai 52,9 kpl, berdasarkan uji internal dan memenuhi standar emisi EURO3. Plus, fitur idling stop (ISS) - mematikan mesin saat terdiam sejenak - dan ACG starter untuk sensasi menyalakan mesin tanpa suara tetap disertakan. Combi brake pun ikut dipasang, menjanjikan pengereman yang lebih nyaman.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Ciri khas lampu belakang berubah, namun masih senada.

Fitur

Pada semua tipe Vario 150, disematkan fitur Answer Back System yang memberi kemudahan pengendara untuk mengetahui posisi sepeda motor. Dengan menekan tombol remote, kendaraan memberi respon suara sekaligus semua lampu sein akan menyala.

Sepeda motor ini tetap mempunyai kapasitas bagasi terbesar di kelasnya, yakni 18 liter, yang mampu menyimpan helm full face. Selain itu karet bundar kini lebih besar dibandingkan dengan model lama, menggunakan tipe tubeless, ukuran depan 80/90 dan belakang 90/90 untuk pengendalian yang lebih stabil.

Ada 2 pilihan Vario 150 baru, yakni monotone atau sporty. Monotone terdiri dari Matte Black (hitam dof) dan Pearl White (putih). Tipe ini dibanderol Rp 20 jutaan on the road Jakarta.

Tipe kedua, warna sporty yang terdiri dari Titanium Black (hitam), Sonic White Blue (paduan putih-stiker biru), dan Bionic Red (paduan hitam-merah). Harganya beda tipis, Rp 19,9 juta on the road Jakarta.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X