Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Awal Naik Suzuki Address

Kompas.com - 09/12/2014, 16:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W memberikan kesempatan jurnalis otomotif nasional untuk mendapatkan impresi awal Suzuki Address, skutik baru yang akan menggempur pasar Honda Beat dan Yamaha Mio. Test ride sekaligus lomba irit dilakukan minggu lalu, melewati rute cukup padat.

KompasOtomotif sudah mengulas soal konsumsi bahan bakar beberapa waktu lalu, mengetesnya senormal mungkin, tidak berusaha irit tapi cenderung agresif. Hasilnya masih di atas 61 kpl menggunakan bensin RON 92 dengan metoda pengukuran full to full. Angka tersebut ternyata masih di atas klaim perusahaan yang menyatakan konsumsi BBM Address 53 kpl.

Terlepas soal konsumsi bahan bakar, Address cukup banyak memberi kejutan. Sapuan mata awal tertuju pada kapasitas bagasi yang digembar-gemborkan luas itu. Helm half face dan jaket hujan bisa masuk pada ruang penyimpanan di bawah jok dengan volume 20,6 liter. Bahkan saat helm diganti jenis full face dan satu set jaket hujan serta sarung tangan masih bisa ditampung.

Untuk membuka jok tak perlu mencabut anak kunci. Cukup memutar kunci ke arah kiri saat posisi kunci menunjukkan ke ”off” alias sepeda motor dalam keadaan mati.

KompasOtomotif-donny apriliananda Bagasi Suzuki Address sangat luas.

Dek atau pijakan kaki didesain ergonomis untuk kaki. Cukup luas juga, bahkan kata Hariyadi, Section Service Head 2W SIS, dek ini bisa dipakai mengangkut tiga galon air mineral!

Tempat penyimpanan lain, yakni terdapat di tameng depan. Sisi kiri 600 ml, sisi kanan 500 ml, cocok untuk menyiman air minum atau barang-barang kecil.

Posisi duduk
Saat duduk di joknya, KompasOtomotif dengan tinggi 172 cm merasa cukup nyaman. Jok empuk, lalu posisi kaki saat berpijak ke tanah cukup sempurna. Ukuran jok yang lebih lebar dan panjang membuat posisi duduk terasa lega.

Untuk meraih setang juga sangat nyaman. Kombinasi antara posisi kaki di dek, pantat di jok, dan tangan di handel setang memberikan posisi duduk yang ergonomis. Ini yang membuat pengendalian jarak jauh tak cepat lelah.

Secara keseluruhan dari kesan pertama, Suzuki mampu memberikan efek positif. Ini penting untuk memberikan kesan-kesan positif lain saat berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com