Kompas.com - 08/12/2014, 09:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
London, KompasOtomotif - Pebalap legenda asal Brasil, Ayrton Senna, tetap terus dikenang para penggemar setia balapan Formula 1. Kali ini, penggemar Senna berkesempatan memiliki mobil balap pertamanya, Toleman TG183B, yang sedang disiapkan untuk dijual.

Senna memang tidak terlalu sukses ketika membesut TG183B. Tapi, ini merupakan awal bagi Senna memulai karier di F1 dengan catatan pertama kali menggunakan mobil tersebut pada GP Brasil di Rio de Janeiro 1984. Senna mencetak skor pertamanya dengan Toleman di GP Afrika Selatan 1984 dengan finish di posisi ke enam.

Setelah hijrah ke Lotus-Renault pada 1985, Toleman TG183B ini praktis sudah tidak dipakai oleh Senna lagi. Mobil balap bersejarah tersebut kemudian dikirim ke Amerika Serikat. Selanjutnya pada 1990, TG183B diperbaiki kembali untuk dibawa ke Inggris dan dimiliki oleh Cars International.

Belum diumumkan berapa harga yang ditawarkan oleh Cars International buat mobil pertama Senna ini. Hanya yang pasti, semua komponen masih asli termasuk mesin turbo Hart. Juga tersedia blok mesin cadangan milik tim Toleman dan dokumentasi lengkap yang menujukan rantai kepemilikan mobil ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.