Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Suku Cadang Volvo Ada di Balikpapan

Kompas.com - 18/11/2014, 15:39 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

Balikpapan, KompasOtomotif - PT Volvo Indonesia mengembangkan usaha dengan membangun pusat distribusi suku cadang di Balikpapan, Kalimantan Timur. Pasalnya, permintaan suku cadang produk Volvo Group di Kalimantan begitu tinggi. Volvo menggelontorkan dana sebesar 10 juta dollar AS atau setara dengan Rp 121,4 miliar buat membangun pusat distribusi ini.

Pusat distribusi ini berdiri di area Puninar Warehouse Complex di Jalan Pulau Balang Kilometer 1,5 Balikpapan. Komplek pergudangan ini berada 15 Km dari pusat kota Balikpapan. Hadir dalam persemian, akhir pekan lalu, Duta Besar Swedia Johanna Brismar Skoog, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, dan Senior Vice President – Logistic Services Christer Svard serta President Direktur PT Volvo Indonesia Pierre Jean Verge Salamon.

“Fasilitas ini investasi besar kami kedua di Indonesia setelah kehadiran Volvo Indonesia pada 2011,” kata Salamon. Tingginya permintaan suku cadang bagi produk Grup Volvo, termasuk diantaranya Volvo Truck, UD Truck, dan Renault Truck, menyebabkan Volvo memberanikan diri merogoh investasi untuk membangun fasilitas baru ini.

Salamon mengungkapkan, selama ini suku cadang yang dikirim ke Kalimantan datang dari pusat distribusi dari Singapura. Indonesia merupakan pasar terbesar. Distributor Singapura mendistribusikan 80 persen suku cadangnya ke Indonesia. Lebih dari 50 persen suku cadang yang masuk ke Indonesia ini terdistribusi ke Kalimantan. Selebihnya dikirim ke setidaknya 20 negara lain di kawasan Asia.

Begitu besarnya pasar di Kalimantan menyebabkan Volvo tak segan merogoh investasi besar untuk membangun pusat distribusi sendiri, tak lagi sepenuhnya bergantung dari Singapura. “Gudang ini bertujuan mendukung kebutuhan suku cadang pelanggan yang besar di Kalimantan dan kami yakin proses pengiriman suku cadang akan lebih singkat,” kata Salamon.

Fasilitas baru ini mampu menyimpan lebih 10.000 sparepart. Selain itu dilengkapi dengan sistem auto refill yang dapat memprediksikan bagian mana yang dibutuhkan truk berdasarkan konsumsi yang sudah pernah berlangsung. Volvo sendiri merupakan salah satu pabrik ternama untuk truk, bus, dan alat konstruksi dan mesin kelautan dan industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com