Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Banggakan Mesin Diesel Terbaru

Kompas.com - 14/11/2014, 14:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Wolfsburg, KompasOtomotif – Volkswagen (VW) merilis mesin diesel baru yang lebih bertenaga dalam presentasi teknik di Wolfsburg, Jerman, (12/11/2014). Ke depan, generasi anyar mesin berbahan bakar solar yang sangat ramah lingkungan ini akan dipakai pada beberapa mobil VW juga Audi.

Sebenarnya, mesin TDI 2.000cc bi-turbo ini sudah pernah dipakai pada generasi terakhir VW Passat. Tenaganya 240 tk dengan torsi hampir 500 Nm. Lalu VW mengembangkan lagi dengan menambahkan peranti elektronik dua stage yang mengoperasikan turbocharger.

Pengaturan buka-tutup katup juga diperbaiki, lalu sistem injeksi commonrail dipoles ulang yang bisa menyemprotkan bahan bakar dengan tekanan 2.500 bar. Hasilnya, mesin menjadi lebih bertenaga hingga tercatat mencapai 272 tk. Torsi tidak disebut, namun diperkirakan lebih dari 500 Nm.

Spekulasi sementara, mesin diesel baru ini akan bisa ditemukan pada generasi baru Audi Q7 yang akan tampil perdana pada Detroit Motor Show tahun depan.

Tak hanya mesin diesel yang lebih kuat, VW juga memberikan detail girboks baru DSG 10-percepatan. Dengan kode DQ551, sistem transmisi ini adalah perbaikan dari tipe 6-percepatan. Melalui transmisi ini, diharapkan mesin diesel baru bisa memproduksi torsi puncak lebih dari 550 Nm, lebih irit bahan bakar, dan perpindahan gigi yang sangat halus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com