VW Banggakan Mesin Diesel Terbaru

Kompas.com - 14/11/2014, 14:00 WIB
Mesin diesel Volkswagen terbaru, lebih bertenaga dan irit bahan bakar. Car and DriverMesin diesel Volkswagen terbaru, lebih bertenaga dan irit bahan bakar.
|
EditorAris F. Harvenda

Wolfsburg, KompasOtomotif – Volkswagen (VW) merilis mesin diesel baru yang lebih bertenaga dalam presentasi teknik di Wolfsburg, Jerman, (12/11/2014). Ke depan, generasi anyar mesin berbahan bakar solar yang sangat ramah lingkungan ini akan dipakai pada beberapa mobil VW juga Audi.

Sebenarnya, mesin TDI 2.000cc bi-turbo ini sudah pernah dipakai pada generasi terakhir VW Passat. Tenaganya 240 tk dengan torsi hampir 500 Nm. Lalu VW mengembangkan lagi dengan menambahkan peranti elektronik dua stage yang mengoperasikan turbocharger.

Pengaturan buka-tutup katup juga diperbaiki, lalu sistem injeksi commonrail dipoles ulang yang bisa menyemprotkan bahan bakar dengan tekanan 2.500 bar. Hasilnya, mesin menjadi lebih bertenaga hingga tercatat mencapai 272 tk. Torsi tidak disebut, namun diperkirakan lebih dari 500 Nm.

Spekulasi sementara, mesin diesel baru ini akan bisa ditemukan pada generasi baru Audi Q7 yang akan tampil perdana pada Detroit Motor Show tahun depan.

Tak hanya mesin diesel yang lebih kuat, VW juga memberikan detail girboks baru DSG 10-percepatan. Dengan kode DQ551, sistem transmisi ini adalah perbaikan dari tipe 6-percepatan. Melalui transmisi ini, diharapkan mesin diesel baru bisa memproduksi torsi puncak lebih dari 550 Nm, lebih irit bahan bakar, dan perpindahan gigi yang sangat halus.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X