Jam Tangan Apple Ilegal Dipakai Saat Mengemudi

Kompas.com - 12/09/2014, 15:40 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

London, KompasOtomotif - Pada 9 September lalu, saat fokus media otomotif dunia tertuju pada debut Mercedes-AMG GT, sebagian perhatian dunia juga mengarah ke peluncuran Apple iPhone 6 dan gear baru yang berbeda dengan iWatch, yaitu Apple Watch.

Tapi ternyata, gadget yang bentuknya seperti jam tangan ini telah dilabeli barang ilegal oleh Departemen Transportasi (DfT) di Inggris. Alasannya, Apple Watch punya fitur “berbahaya”, bukan hanya bisa melihat pesan singkat dan peringatan telepon masuk, tapi juga mampu membuat pengemudi menelepon, menonton Youtube, dan browsing internet.

Menurut Dft, Apple Watch adalah miniatur ponsel pintar. Piranti ini berpotensi mengganggu perhatian pengemudi.

“Menggunakan ponsel atau alat apapun yang bisa mengganggu pengemudi saat berkendara adalah hal yang sangat berbahaya dan ilegal. Kami juga sedang memikirkan beberapa pilihan pencegahan. Kami telah menaikkan denda hingga 1.000 poundsterling pada Agustus lalu,” kata salah satu sumber Dft kepada Autocar, Rabu (10/9/2014).

Lebih dari itu, dalam kondisi kasus ekstrem terkait hal seperti ini, pihak berwenang berhak melarang seseorang untuk mengemudi. Selain itu denda maksimal yang bisa diganjar hingga 1.000 poundsterling. Meski demikian, pengemudi Inggris diizinkan memakai alat bantu handsfree dengan koneksi bluetooth dan navigasi satelit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.