Ini Detail Yamaha FZ1 Pengawal Jokowi

Kompas.com - 29/08/2014, 08:50 WIB
Warta Kota/Henry Lopulalan Yamaha FZ1 yang dipakai Paspampres
Jakarta, KompasOtomotif  Pengawalan berlapis standar kepresidenan sudah diberikan kepada presiden terpilih RI, Joko Widodo. Meski baru akan dilantik secara resmi pada Oktober mendatang, Jokowi (sapaan akrab Joko Widodo) sudah mendapat pengamanan dari Paspampres.

Pengawalan dilakukan saat Jokowi hendak bepergian menggunakan kendaraan. Konvoi panjang Paspampres dilakukan untuk menjamin keselamatannya. Pantauan KompasOtomotif, konvoi pengawalan Jokowi ini terdiri dari tujuh mobil dan dua sepeda motor.

Warta Kota/Henry Lopulalan Yamaha FZ1 yang digunakan Paspampres
Yang cukup menarik perhatian, terdapat dua sepeda motor sport yang dikendarai anggota Paspampres pada setiap konvoi. Dua moge ini berada di deretan depan dengan line up satu sepeda motor dua orang. Penumpang di belakang sudah siap dengan senapan serbu, sebagai garda terdepan bila terjadi ancaman.

Moge yang dipakai adalah model sport Yamaha FZ1 Fazer, yang tentu saja secara spesifikasi sudah mumpuni, bahkan untuk dikendarai di jalan bebas hambatan sekalipun. Sebenarnya Paspampres sudah menggunakan model sport ini sejak 2010, saat melakukan pengawalan terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

FZ1 berkategori naked bike streetfighter, empat silinder segaris 998 cc, DOHC, dengan sistem bahan bakar injeksi. Mesin mampu menyemburkan daya 150 tenaga kuda, dengan torsi 106 Nm, transmisi manual 6-percepatan. Model ini masih menggunakan rantai sebagai penghubung tenaga ke roda belakang dan memiliki catatan konsumsi bahan bakar 6,72 liter per 100 km, atau rata-rata 14,9 kpl.

Warta Kota/Henry Lopulalan Yamaha FZ1 yang dipakai Paspampres
Spesifikasi tersebut sudah lebih dari cukup untuk menandingi kecepatan mobil pengawal lainnya yang biasa digeber dengan kecepatan tinggi saat membawa orang nomor satu di Indonesia.

Saat pertama diluncurkan secara global, FZ1 dilepas dengan banderol 10.290 dollar AS atau setara dengan Rp 92 jutaan. Belum diketahui berapa harga resmi FZ1 bila dijual di Indonesia. Pada kelas streetfighter bermesin besar, Yamaha FZ1 sejajar dengan Suzuki Bandit 1250S, Honda CBR1000RR, dan Kawasaki Z1000.


EditorDonny Apriliananda

Close Ads X