Kompas.com - 07/08/2014, 21:45 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Jeep Indonesia punya tambahan amunisi baru, All-New Cherokee yang resmi diluncurkan di Indonesia, Selasa (5/8/2014), akan mengisi kelas entry level menggoda konsumen baru. SUV 4X4 khas Jeep sementara hanya ada satu varian, Limited, yang dijual Rp 799 juta off the road.

Desain terbilang unik, siluet bodi aerodinamis seperti cangkang mobil on-road di atas pondasi off-road. Sasis menggunakan Compact U.S Wide, sama seperti kebanyakan mobil Fiat-Chrysler. Menggunakan 65 persen alumunium, kokoh tapi tetap ringan. Gril 7 kolom di bagian depan yang terpisah dari bumper, diklaim desain ini tetap mengusung karakter Jeep. 

Modern
Interior modern plus panoramic roof diramu untuk memuaskan seluruh penumpang. Khusus buat pengemudi, tombol-tombol pengaturan didesain mudah dijangkau. Seluruh jok memiliki 8 setelan posisi otomatis, ergonomis mengikuti lekuk tubuh.

Menggunakan layar TFT 7-inch sebagai sentra informasi sebagai panel meter. Di dalamnya ada indikator turn-by-turn navigation, real time fuel consumption, safety warnings, Adaptive Cruise Control-Plus, informasi audio, serta fitur 4x4 seperti Select-Terrain.

Sarana hiburan tersentralisasi pada layar sentuh 8.4 inci Uconnect, dimensinya diklaim terbesar di kelas Cherokee. Operasi audio, climate control, GPS, voice-to-text messaging, serta konfigurasi dengan ponsel pintar dilakukan dari sini.

Mesin
Untuk Indonesia, pilihan mesin dipilih menjauh dari batas regulasi baru kenaikan pajak barang mewah (PPnBM), yakni menggunakan dapur pacu 4-silinder 2.4 liter Tigershark MultiAir 2. Tenaga cukup besar, 178 tk dan torsi 229 Nm.

Konsumsi bahan bakar diklaim 9 kpl dalam kota, 13 kpl luar kota dan 10 kpl kombinasi. Salah satu faktor besar yang mendukung adalah transmisi 9-percepatan (948TE). Perpindahan gigi bisa dilakukan lebih cepat, jadi efisiensi pemakaian bahan bakar bisa digenjot semakin maksimal.

4X4
Karena tergolong varian tertinggi, All-New Cherokee di Indonesia dibekali kemampuan Jeep Active Drive II. Terdapat two-speed PTU (Power Transfer Unit) untuk mengatur torsi serta low range. Ditambah mode ‘4-Low’ yang bisa mengunci gardan depan dan belakang saat menarik beban berat.

Juga didukung Selec-Terrain traction control, jadi pengemudi bisa bebas memilih kemampuan mobil menyesuaikan kondisi, terdiri dari mode Auto, Snow, Sport, Sand/Mud, dan Rock. Sistem ini dibantu 12 fitur lain, drivetrain control module, electronic brake controller, electronic stability control (ESC), transmission controller, powertrain controller dan Selec-Speed Control (Hill-ascent dan Hill-Descent Control).

All-New Jeep Cherokee memiliki lebih dari 70 fitur keselamatan aktif dan pasif, di antaranya ParkSense Parallel/Perpendicular Park Assist, Adaptive Cruise Control-Plus, Forward Collision Warning-Plus, LaneSense Lane Departure Warning-Plus, Electronic Stability Control, Electronic Roll Mitigation; Blind-spot Monitoring; Rear Cross Path detection, dan 10 kantong udara.

Febri Ardani Saragih/KompasOtomotif Dua pemain Juventus berpose dengan All-New Jeep Cherokee
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.