Stop Murano, Nissan Indonesia "Dorong" SUV Premium Infiniti

Kompas.com - 25/07/2014, 13:28 WIB
Nissan All-New Murano debut di New York Auto Show 2014. aolcdn.comNissan All-New Murano debut di New York Auto Show 2014.
|
EditorAris F. Harvenda

Chiang Mai, KompasOtomotif – Nissan Motor Indonesia (NMI) mengaku tak lagi memasarkan SUV menengah, Murano, di Tanah Air. Fokus pengisi kelas SUV mewah kini digeser ke merek premium Infiniti yang masuk dalam skema bisnis NMI.

Murano meluncur di Indonesia pada 2011. Hanya tersedia varian paling tinggi dengan pilihan mesin 3.5L VQ35DE dipadu dengan CVT 6-percepatan. Semua unit statusnya barang impor utuh (CBU). Dari data wholesales Gaikindo, data penjualan terakhir hanya terekam pada Januari 2013, yakni dilepas empat unit. Selebihnya tidak ada lagi transaksi dari NMI ke dealer.

“Murano ketika diperkenalkan di Indonesia sebenarnya untuk tes pasar, karena NMI menyadari bahwa pasar di segmen SUV premium memang terbatas. Ternyata faktanya memang segmen ini tidak besar, jadi akhirnya kita memutuskan untuk menghentikan penjualan Murano,” terang Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy and Communication Division NMI kepada KompasOtomotif,  Kamis (24/7/2014).

Meski tidak gamblang dijelaskan, keputusan “game over” model di atas X-Trail itu seperti menyambut kenaikan batas Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada kendaraan bermotor yang tergolong mewah. Regulasi pemerintah itu baru terlaksana pada 19 April 2014. 

Ketika ditanya, apakah mungkin NMI meluncurkan generasi terbaru All-New Murano yang telah mendebut di New York Auto Show 2014, Budi menjelaskan di segmen SUV premium, NMI akan mengandalkan Infiniti.

“Sebenernya kita masih menyediakan alternatif SUV premium yang dijual Infiniti, yaitu FX50.  Jadi kita tetap bermain di pasar SUV premium tapi lewat Infiniti,” pungkas Budi. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X