Perhatikan Ini jika Terpaksa Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Kompas.com - 17/07/2014, 10:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Pemerintah dan kepolsian telah mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik, sebab terlalu berisiko menimbulkan kecelakaan. Namun tetap saja, dari tahun ke tahun jumlah pesepeda motor yang ikut seliweran sepanjang jalur mudik tetap ramai.

Belum lama ini, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementerian Peruhubungan Hotma Simanjuntak mengutarakan, pesepeda motor lebih baik memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang disediakan pemerintah ataupun instansi swasta.

Kendati demikian, kemungkinan besar tidak semua mau melakukan. Hal ini disadari salah satu produsen sepeda motor di Indonesia, Suzuki Indomobil Sales Roda Dua (SIS R2). Meski disarankan untuk tidak dilakukan, namun pada kenyataannya banyak pesepeda motor tetap nekat. Mengantisipasi hal itu, SIS R2 memberikan pengetahuan demi menjaga keselamatan.

Persiapan
Selain wajib membawa sepeda motor ke bengkel resmi untuk perawatan sebelum mudik, setiap pemilik harus memanfaatkan panduan pemeriksaan T-Clock (Tires/ban, Control/Kemudi, Light/Lampu, Oli, Chassis/Rangka, dan Kickstand/standar).

- Tires (ban)
Lakukan pengecekan terhadap tekanan angin, kedalaman alur, serta keretakan atau benjolan pada permukaan ban. Selain itu jangan luput memantau kondisi pelek, seperti bengkok atau retak.

- Control (kemudi)
Pastikan kemudi berada dalam keadaan bebas, tanpa terjerat kabel-kabel.

- Lights (lampu)
Periksa kondisi aki, pastikan sudah terpasang dengan kuat dan masih berfungsi dengan baik. Jangan lupa memantau ketinggian air aki. Seharusnya, pemudik menghindari perjalanan malam hari, tapi tetap sistem lampu penerangan wajib diperiksa.

- Oli
Periksa oli mesin dan cairan rem, tambahkan bila volume kurang. Selang-selang pendukung juga harus diperiksa, pastikan semua berjalan normal dan tidak ada kebocoran.

- Chassis (rangka)
Wajib untuk dilakukan sebelum berangkat menempuh perjalanan jauh, memeriksa rangka, garpu suspensi, dan pastikan setelan rantai sudah benar. Kencangkan semua baut yang ada di sepeda motor, jangan sampai ada yang kurang.

- Kickstand (standar kaki)
Sering luput dari pengawasan, kondisi standar samping dan tengah. Periksa kemudian pastikan per penahan masih berfungsi dengan baik.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.