Menjajal ”Audio Docking” di MPV Murah Datsun

Kompas.com - 25/05/2014, 16:10 WIB
Audio docking Datsun Go Plus Panca, simpel dan kompatibel dengan semua gadget. Donny AprilianandaAudio docking Datsun Go Plus Panca, simpel dan kompatibel dengan semua gadget.
|
EditorAris F. Harvenda

Cirebon, KompasOtomotif – Demi efisiensi biaya produksi dan tidak melebihi ambang batas harga LCGC, Datsun Indonesia memangkas fitur audio, kecuali varian dengan label ”option” (A option dan T Option). Gantinya, terdapat docking untuk memasang gadget jika ingin mendengarkan musik atau sekadar mencari gelombang radio.

Teddy Irawan, Vice President of Aftersales, Product & Accessories Planning PT Nissan Motor Indonesia, mengatakan bahwa banyak orang yang justru memasang gadget dengan docking tambahan untuk fungsi GPS atau audio. ”Dengan menggunakan ponsel sendiri, mendengarkan musik bisa lebih personal. Orang juga bisa semakin memaksimalkan fitur ponsel masing-masing,” ujarnya.

Andai tak mau menggunakan ponsel sehari-hari (mungkin dengan alasan ribet memasang), Teddy memberi pilihan, yakni membeli smartphone murah yang bisa memutar musik dan radio, khusus ditancapkan pada docking. Dengan begitu, tak perlu CD, tinggal transfer musik dari desktop dan diputar untuk mobil sehari-hari.

Kompatibel
Docking ini kompatibel dengan gadget apa pun, mulai ponsel berbasil iOS, Android, Windows phone, atau bahkan ponsel ”biasa” yang bukan masuk kategori smartphone. Ini lantaran terdapat kabel output dari lubang yang biasa dipakai earphone, dan terhubung dengan input sistem audio.

Jangan khawatir soal baterai, karena dalam sistem audio terdapat USB port untuk mengoneksikan kabel charger. Jadi, ponsel akan terhubung dengan dua kabel, output audio dan charger. Lobang power juga tetap ada di bagian bawah dasbor untuk menancapkan mobile charger seperti biasa untuk gadget lain.

Simpel
Menggunakan alat ini justru lebih simpel. Ketika mesin mobil sudah dinyalakan, tinggal pencet tombol utama. Lalu cari menu dalam ponsel (pemutar musik atau radio, atau apa pun). Anda sudah bisa menikmati lagu atau channel radio sesuai selera.

Arah docking juga bisa disetel sesuai jangkauan. Jika yang mengoperasikan penumpang depan, tinggal tarik sedikit dan hadapkan ke arah yang dituju. Jika digunakan untuk melihat video atau GPS, docking juga bisa ”ditidurkan” sehingga posisi jadi mendatar (landscape).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X