Berapa Irit Penggunaan BBM Honda Mobilio?

Kompas.com - 25/05/2014, 10:38 WIB
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Pada gelaran Wisata Plus Honda Mobilio Tantangan Hemat, yang digelar Honda Prospect Motor mulai dari dealer Autoland, Kelapa Gading, Jakarta, menuju Taman Budaya, Bukit Sentul, Bogor, Sabtu (24/5/2014), juga dijadikan ajang pembuktian efisiensi yang dihasilkan model MPV bawah tersebut. Sebelum lomba, 60 peserta yang terdiri dari pengguna, calon konsumen potensial dan media, diberikan beberapa tips mengemudi hemat oleh panitia.

Semua peserta menggunakan varian E CVT. Isi minimal 2 penumpang. Rute kali ini menempuh jarak 55,6 km melalui tol dalam kota dan Jagorawi. Peserta juga dibatasi waktu tempuh maksimal 1 jam 20 menit. 5 peserta paling irit mendapatkan hadiah Rp 2 juta. Sedangkan bagi yang mampu memecahkan rekor yang pernah diraih Tabloid Otomotif, 20,5 kpl, akan diganjar hadiah Rp 5 juta.

Ada beberapa kondisi jalan macet yang ditemui peserta, antara lain Cempaka Putih, gerbang tol Cibubur, gerbang tol Bukit Sentul dan di beberapa rusa jalan Sentul City. Kondisi tersebut mengharuskan mereka untuk bersabar dan cermat memainkan bukaan gas. Ditambah kondisi jalan menanjak yang cukup panjang mulai masuk area Sentul City hingga finish di Taman Budaya.

KompasOtomotif Pemenang yang bisa memecahkan rekor Tabloid Otomotif (kiri). Hasil pada panel meter (kanan atas). Raihan lima besar peserta (kanan bawah).
Tembus 22,5 kpl
Dari hasil yang dicatat panitia ternyata ada beberapa peserta yang mampu tembus diatas rekor Tabloid Otomotif. Wahyu Triono (34) berhasil meraih 22,5 kpl, menggunakan Mobilio E CVT berkelir putih. "Pokoknya saya berusaha menjaga rpm tetap di  angka 1.000 dan saat itu kecepatan 60 kpj. Kondisi tersebut tetap saya pertahankan meski sering diklakson sama mobil di belakang," ungkapnya.

Dijelaskan, saat itu AC tetap aktif dan bahan bakar yang digunakan adalah Pertamax. Konsumen asal Bekasi itu tidak menyangka bisa menang dan meraih 22,5 kpl. Diakuinya dia mengikuti arahan yang diberikan dan tetap mempertahankan indikator Eco di panel tetap menyala.

Berbeda dengan Ari Syahrial (23), calon konsumen potensial dari dealer Fatmawati, yang mampu meraih 21,5 kpl. "Resep" yang dituturkannya sama seperti Wahyu dan yang paling penting menurutnya adalah sabar. Dengan hasil yang tersebut, dirinya makin mantap membeli Mobilio dengan pilihan varian E CVT. Alasannya nyaman, irit, teknologi terbaru dan aman. "Tapi sebenernya kalau sudah cinta, semua oke," kelakar Ari, yang berencana langsung melakukan pembayaran tanda jadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.