Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2014, 19:50 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Ketangguhan pelumas mobil TOP 1 perlu dibuktikan untuk penggunaan di Indonesia. Menjawab tantangan tersebut, PT Topindo Atlas Asia (TAA), selaku distributor resmi, menggelar uji ketahanan pada mesin yang dibiarkan tetap menyala selama tiga hari tanpa henti dengan menggunakan oli mesin TOP 1.

Pengujian dilakukan pada Kia Rio dan Renault Duster. Kedua model ini juga dipakai sebagai “bahan” modifikasi selama tiga hari, Modified Againts Clock, yang menjadi bagian dari pagelaran Auto Aftermarket Industry and Tuning Trade Fair Jakarta, pada 21-23 Mei 2014, di Hall B JIExpo Kemayoran, Jakarta.

“Biasanya tes seperti ini dilakukan di AS saja. Di Indonesia juga harus dites dong, dengan kondisi cuaca dan pemodifikasi lokal. Seharusnya mesin tetap menyala selama tiga hari, selesai itu kita akan lihat mesinnya overheat atau tidak,” ujar CEO dan Presiden Direktur TAA, Arief Goenadibrata.

Kekentalan
Peran pelumas alias oli melindungi bidang gesek bagian internal, menjadi salah satu faktor penting buat ketahanan mesin. Musuh utama berkendara di kota besar seperti Jakarta adalah kemacetan, saat itulah dibutuhkan oli tangguh yang bisa mempertahankan temperatur mesin tetap optimal.

Jenis oli yang digunakan pada kedua model sama, Evolution Series, namun dengan tingkat kekentalan yang berbeda. Pada Rio 5W-30 dan Duster 5W-40. 

“Dengan acara seperti ini, kami berharap agar bisa lebih dikenal. Selain itu, menguji coba mutu barang impor ini. Proses pelumasan akan berlangsung dengan lebih cepat dan merata. Selama tiga hari mesin kedua mobil akan tetap menyala, dengan begitu kualitas oli bisa terbukti," pungkas Arief.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.